MOTIVAsr KERJA KARYAWAN TERHADAP PERUBAHAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT MATA UNDAAN SURABAVA)

LORA, 049414561 (1998) MOTIVAsr KERJA KARYAWAN TERHADAP PERUBAHAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT MATA UNDAAN SURABAVA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 2394-98.Lor m.pdf

Download (503kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan Iingkungan usaha telah menWltut dunia usaha untuk melakukan pendesainan kembali proses bisnis melalui Business Process Reengtneerlng. Salah satu iusiatif pelaksanllllll reengtneerlng adalah penerapan sistem infonnl!Jli berdnsar komputer. Penerapan suatu sistem infonnusi berdusar komputer yang menggunakan pendekatan sistem akan mengikuti tahap-tahap yang disebut System Lifo Cycle. Dalam pelaksanllllll system lifo cycle, penting bagi manajemen W1tuk melibatkan faktor individu, karena manusia sebagai pelaksana sistem merupakan salah satu faktor penentu keberhusilan penerapan sistem infonnasi. Rwnah Sakit Mata Undllllll yang terletak di Jalan Undllllll Kulon nomor 19 Surabaya, didirikan sejak tanggal 29 April 1933. Semakin banyaknya fasilitas pelayanan dan semakin kompleksnya data akuntansi yang haras ditangani menyebabkan sistem informusi akuntansi manual yang selama ini diterapkan menimbulkan banyak musalah bagi pihak manajemen Rwnah Sakit Mata Undaan. Hal ini menjadi dasar W1tuk diterupkannya sistem informasi akuntansi berdasar komputer. Untuk menWljang keberhusilan penerapan sistem informasi akWJtansi berdnsar komputer di Rumah Sakit Mata Undaan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tiga tujuan yaitu untuk mengetahui sejanh mWla pihak mWlajemen Rumah Sakit Mata Undaan telah melibatkWl filktor individu dalam perubaban sistem infonnusi akuntansi, W1tuk mengetalwi bagaimWla motivusi kerja karyaWWl terhadap perubaban sistem infonnasi akuntansi, dan W1tuk mengetahui faktor-faktor YIlll8 dapat membantu karyawan dalam melakukWl penyesuaiWl terhadap sistem informusi akuntansi berdnsar komputer_ Dari hasil penelitian yang dilakukWl di Rwnab Sakit Mata Undllllll dikelahui bahwa dari 15 karyawan yang akan mendapat mendapat pengaroh dari pembahan sistem infonnasi akuntansi, 9 karyawan tennotivasi W1tuk menerima perubahan, sedangkan 6 karyawan lainnya tidak tennotivasi dWl mempWlyai potelllli W1tuk menimbulkWl resistance to change. Selain itu, dikelahui pula bahwa mayoritas karyawWl yang tidak tennotivasi W1tuk menerima perubahan adalah karyawWl yang mempWlyai nHai keterlibatW1 yang tinggi. DiharapkWl dari infonnasi tersebut dapat digWJakWl W1tuk mencegah timbulnya resistance to change, sehingga penerupan sistem informusi akuntansi berdasar komputer di Rwnah Sakit Mata Undwm dinyatakWl berhasil tidak hanya secara teknikal nanlWl juga secara motivasional dapat meningkatkWl motivusi kerj a karyawan RWI1ah Sakit Mata Undaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 2394 / 98 Lor m ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: MOTIVAsr KERJA KARYAWAN TERHADAP PERUBAHAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT MATA UNDAAN SURABAVA)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
LORA, 049414561UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDEBBY RATNA DANIEL, Dr. , SE, AK.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 31 Jan 2017 19:39
Last Modified: 31 Jan 2017 19:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52255
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item