PERLAKUAN PERPAJAKAN ATAS BUNGA PINJAMAN DALAM MASA PERCOBAAN DI LAPORAN KEUANGAN FISKAL PERUSAHAAN

ARIE IKA WARDHANA, 049711612-E (2002) PERLAKUAN PERPAJAKAN ATAS BUNGA PINJAMAN DALAM MASA PERCOBAAN DI LAPORAN KEUANGAN FISKAL PERUSAHAAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
9.KK A 139-02 WAR P 049711612-E.pdf

Download (303kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam meluatankun usahanya tentunya perusahaan ing,in agar usahannya mcnjadi semakin herkcmhang, sehingga lIntuk mcndukllng hal ini maka diblltuhkun penambahan akliva temp ocrupa pembangunan scbuah pabrik yang dapat menambah kapasitas produksinya dalam usaha untuk mcndukung operasi dari perusahaan. Untuk dapat memperolch dengan harga yang lebih murah, maka perusahaan memutuskan untuk membangun sendlri perusahaannya dcngan menunjuk suatu bagian di Jalam pcrusahaan atHLl menunjuk kontraktor dari luHr 01eh karena pcmbangunan pabrik ini membutuhkan dana yang cukup besar, maka perusahaan memanfaatkan dana pmjaman yang diperoleh dari pihak ketiga. Pinjaman dari pihak ketiga ini akan menimbulkan bunga sehagai baJas jasa. 0 leh karena itu, maka perusahaan hams mempertimbangkan segala aspek yang akan timbul dari bunga pinjaman tersebnt yang salah satunya dari sisi p<ljak. Bunga tcrsebut oleh perusahaan harus diakui dalam laporan keuangan serta harus sesuai dengan kctentuan perpaJakan, karena bunga ini akan mencangkup j umlah yang material. Menurut ketentuan perpajakan, pembebanan bunga pinjaman yang memiliki manfaat lehih dari satu tahun hams dikapitalisir dalam harga perolehan,serta untuk pengeluaran yang diiakuka!l sebelum operasi komersial yang mempunyai masa manfaat lebih dari I (satu) tahun hams dikapitalisasi dan kemudian diamortisasi sesuai dengan masa mantllliatnya. Dalam pendekatan penelitian ini dlgunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dllakukan dengan memtikberatkan pada pengaruhnya terhadapa laporan keuangan fiskal sehingga akan mempengaruhi besar kecilnya pajak yang seharusnya dibayar oJeh perusahaan. Oleh perusahaan, bunga pinjaman dalam masa percobaan ini dibebankan secara sekaligus setelah masing-masing peralatan se\esai. Menurut Undang-undang Pajak Nomor 17 tahun 2000 dan Smndar Akuntansi Keuangan Nomor 26 paragraf2S, maka kapitalisasi biaya pinjaman sualU pabrik dihentikan apabila seluruh bagian tahapan proses produksi telah selesai. Dengan demikian pembebanan bunga pinjaman datam masa percobaan yang dilakukan oleh perusahaan tidak tepat dan berdampak kepada beban pajak yang ditanggung oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 139-02 WAR P (fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: PERPAJAKAN; BUNGA PINJAMAN; LAPORAN KEUANGAN; FISKAL
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ARIE IKA WARDHANA, 049711612-EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHanny Wurangian, Drs., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 Feb 2017 16:34
Last Modified: 09 Jun 2017 21:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52294
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item