PERLAKUAN AKUNTANSI HUTANG LETTER OF CREDIT (L/C) DAN SELISIH KURS EX TRANSAKSI IMPOR BAHAN BAKU SERTA PENYAJIANNYA DI DALAM LAPORAN KEUANGAN ( Studi Kasus Pada PT. Petrokimia Gresik)

MAY DINI KRISNAWATI (2000) PERLAKUAN AKUNTANSI HUTANG LETTER OF CREDIT (L/C) DAN SELISIH KURS EX TRANSAKSI IMPOR BAHAN BAKU SERTA PENYAJIANNYA DI DALAM LAPORAN KEUANGAN ( Studi Kasus Pada PT. Petrokimia Gresik). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
18. 52298.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Oampak era g10balisasi bagi perekonomian di dunia adalah lerciptanya sualU perdagangan bebas yang mendorong suatu negara ootuk melakukan kegiatan usaha herskala internasional. Dengan semakin berkembangnya perdagangan bebas, maka le((e, of credit (1JC) sebagai salah satu alat pembayaran dalam transaksi intcl1lasional yang memanfaatkan jasa pcrbankan akan sering dijumpai. Oi dalam mengantisipasi perkembangan perdagangan intemasional, Ikatan Akuntan Indonesia (IA!) juga telah menyiapkan suatu pedoman yang harns digunakan sebagai dasar perlaknan bagi transaksi intemasiona~ yaitu Pel1lyataan Standar AKoolansi Kenangan (PSAK) No.IO mengenai perlakuan akootansi ootuk transaksi dalam mala nang asing. Pada taboo 1997 perekonomian di kawasan Asia mengalami krisis yang cukup hebat. Krisis ini pada awalnya dialami olch negara 111ailand, kemudian pada pertengahan tahoo 1997 mulai melanda Indonesia. Krisis ekonomi yang berkepanjangan di Indonesia mengakibatkan dunia usaha yang bergerak dalam bidang impor mengalami kerugian sangal beaar karena mala nang Rupiah terdel'rcsiasi secara luar biasa lerhadap mala nang lainnya, sehingga perusahaan tcrsebut diijinkan ootuk menerapkan perlakuan alternatif alas selisih kurs yang tercantum di dalam PSAK No.10 paragarf32. Persyaratan dan lata cara penerapan perlakuan altCl1latif atas selisih kurs telah dipeljelas dengan dikcluarkannya Intcrprelasi Standar Akootansi Keuangan (ISAK) No.4 mengenai intcrpretasi alas paragraf 32 PSAK 10 tentang altematif perlakuan yang diizinkan alas selisih kurs. Pada dasarnya perlakuan altematif alas sclisih kurs ini bertujuan untuk rnemperbaiki performance perusahaan melalui penekanan kerugian selisih kurs karena sebagian kerugian tclah dikapilalisasi kc dalam nilai persediaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 141.00 Kri p (fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: AKUNTANSI; HUTANG LETTER OF CREDIT (L/C); SELISIH KURS EX; TRANSAKSI IMPOR; LAPORAN KEUANGAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MAY DINI KRISNAWATINIM049620989-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Iswati, Dra. Hj., Msi.Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 Feb 2017 16:43
Last Modified: 09 Jun 2017 21:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52298
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item