HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG MITIGASI BENCANA BANJIR DENGAN TINDAKAN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DI SEKITAR TANGGUL LUMPUR LAPINDO

MITA SARI, 131211132002 (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG MITIGASI BENCANA BANJIR DENGAN TINDAKAN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DI SEKITAR TANGGUL LUMPUR LAPINDO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
31. 52341-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bencana banjir selain diakibatkan kondisi alam, seperti pola hujan yang berubah-ubah, juga dipengaruhi kurangnya kesadaran masyarakat terhadap bencana seperti mitigasi dan kesiapsiagaan. Indikator kesiapsiagaan bisa dilihat dari pengetahuan dan sikap terhadap resiko bencana. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan antara pengetahuan dan sikap tentang mitigasi bencana banjir dengan tindakan kesiapsiagaan. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Gempolsari yang berjenis kelamin laki-laki dengan rentang usia 25-60 tahun yang bertempat tinggal di wilayah terdampak banjir dengan jumlah sampel 62 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu Simple Random Sampling pada setiap cluster yang sudah ditentukan. Variabel independen yang dikur meliputi pengetahuan dan sikap tentang mitigasi bencana banjir, dan variabel dependen yang diukur yaitu tindakan kesiapsiagaan. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrument berupa kuesioner setelah itu dianalisis dengan uji statistik spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dengan sikap tentang mitigasi memiliki hubungan yang signifikan (p= 0,03) sehingga H1 diterima, tingkat pengetahuan tentang mitigasi dengan tindakan kesiapsiagaan memiliki hubungan yang signifikan (p= 0,001) sehingga H1 diterima, dan sikap tentang mitigasi dengan tindakan kesiapsiagaan tidak memiliki hubungan yang signifikan (p= 0,477) sehingga H1 ditolak. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat megetahui faktor-faktor lain yang berhubungan dengan tindakan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana banjir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 237-16 Sar h
Uncontrolled Keywords: Mitigasi, Kesiapsiagaan, Banjir, Pengetahuan, Sikap, Tindakan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
MITA SARI, 131211132002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSriyono, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.MB.UNSPECIFIED
Thesis advisorHerdina Mariyanti, S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 02 Feb 2017 17:51
Last Modified: 09 Jun 2017 23:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52341
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item