PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA DAN EKSTRAK PISANG RAJA TERHADAP PERKECAMBAHAN BIJI DAN PERKEMBANGAN TUNAS EMBRIO ANGGREK Dendrobium lasianthera J.J. Smith

INAYAH MAHMUDAH, 081211432036 (2016) PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA DAN EKSTRAK PISANG RAJA TERHADAP PERKECAMBAHAN BIJI DAN PERKEMBANGAN TUNAS EMBRIO ANGGREK Dendrobium lasianthera J.J. Smith. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB 38-16 Mah p.pdf-Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
52377-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dendrobium lasianthera J.J. Smith merupakan salah satu anggrek alam di Indonesia. Modifikasi komposisi media dalam kultur in vitro diperlukan dalam perbanyakan anggrek untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas bibit anggrek. Penelitian ini dilakukan melalui 2 tahapan. Tahap pertama bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi air kelapa (0%, 5%, 10%, 15%, 20%)terhadap perkecambahan biji anggrek. Tahap kedua bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi ekstrak pisang raja (0g/L, 25g/L, 50g/L, 75g/L) yang dikombinasikan dengan konsentrasi terbaik air kelapa yang diperoleh pada tahap 1 (20%) terhadap perkembangan tunas embrio anggrek. Variabel yang diamati adalah persentase biji berkecambah, jumlah daun, jumlah akar, panjang daun, panjang akar, berat kering tunas, berat kering akar, dan berat kering total atau berat kering planlet. Analis data pada tahap pertama menggunakan uji anova, dan analis data pada tahap kedua menggunakan uji multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dengan konsentrasi 15% merupakan konsentrasi terbaik untuk perkecambahan. Interaksi kombinasi air kelapa 20% dengan ekstrak pisang raja 25g/L, 50 g/L, 75 g/L menunjukkan hasil yang terbaik pada peningkatan jumlah akar, jumlah daun, berat kering tunas, berat kering akar, dan berat kering total. Perlakuan air kelapa 20% dan ekstrak pisang raja 50 g memberikan hasil yang terbaik pada peningkatan panjang daun dan panjang akar. Dari hasil yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian air kelapa dan ekstrak pisang raja mempengaruhi perkecambahan biji dan perkembangan tunas embrio anggrek Dendrobium lasianthera J.J. Smith.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 38-16 Mah p
Uncontrolled Keywords: germination; shoot development
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
INAYAH MAHMUDAH, 081211432036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEdy Setiti Wida Utami, Dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 03 Feb 2017 20:13
Last Modified: 12 Jun 2017 17:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52377
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item