PREFERENS) MENONTON ACARA TELEVISI PADA IBU RUMAH TANGGA (Studi Deskrlptlf Prefereasi Menonton Acara Televlsi pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Tenggilis Mejoyo, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kotamadya Surabaya)

DINA DASACANNDRA., 079313842 (1999) PREFERENS) MENONTON ACARA TELEVISI PADA IBU RUMAH TANGGA (Studi Deskrlptlf Prefereasi Menonton Acara Televlsi pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Tenggilis Mejoyo, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kotamadya Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k.9-99.Das p.pdf

Download (168kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Televisi merupakan media massa elektronik yang berkembang pesat dan telah menggeser media lain sebagai sumber utama hiburan dan informasi. Oi inaonesia saat ini terdapat lima stasiun televisi swasta dan TVRI, yang menawarkan berbagai macam acare yang beraneka ragam. Ibu rumah tangga adalah salah satu kelompok khalayak penonton televisi yang dianggap penonton berat televisi. Ibu rumah tangga adaiah wanita yang telah menll<ah, dan yang mengatur segala pekerjaan rumaih tangga. Jika ia mempunyai kegiatan selain mengatur rumaih tangga unluk mendapatkan uang, maka memiliki peran ganda, yaltu berperan domestik (melakul<an pekerjaan rumaih tangga) dan berperan publik (mempunyai kegiatan dl luar tugas-Iugas rumah tangganya untuk mendapatkan uang). Oleh karena fenomena ini, peneliti tertarik untuk meneliti lentang preferensi menonton acara televis! pada ibu rumah langga di antara banyaknya allernatif pilihan. Teori yang digunakan untuk menganalisis data adalaih leori Televisi Sebagai Media Komunikasi Massa, Penonton Televisi Sebagai Khaiayak Media Massa, yang terdir! dari Teori Komposisi Audiens, Teori Kategori Soslal, dan Teori Uses And GratJlications, dan Peran Ganda Ibu Rumah Tangga, Tipe penelitian in! adalaih deskriptif dengan metode survey, untuk mendapatkan gambaran yang ielas mengenai preferensi menonton aeara televisi pada ibu rumaih tangga, Operasionalisasi konsepnya adalaih pengertian ibu rumah tangga, idenlitas responden, penggunaan waktu sehari-hari, pola menonton televisi, dan preferensi menonton aeara televisi, yang diukur dengan skala nominal melalui pernyataan suka dan tidak suka. Pengambilan lokasi sample menggunakan teknik cluster sampling, dan mendapatkan Keluraihan Tenggilis Mejoyo sebagai lokasi penelitian Oari hasil ternuan data, diaapat bahwa ibu rumah tangga yang bekerja (punya peran ganda, yaitu domestik dan publikj berjumlah 47 responden (47%), dan yang tidak bekerja (hanya berperan dornestikj berjumlaih 53 orang (53%). Tingkal pendidikan yang paling banyak adalah SMA Preferensi menonton l<ategorl aeara televisi pada ibu rumaih tangga dengan urutan pertarna adaiah kategori aeara drama (84 responden, 84%), kemudian kuis (80 responden, 80%), drama komedi (79 responden, 7goj,), berita dan musik (78 responden, 78%), film (77 responden, 77%), in/ormasi (73 responden, 73%), keagamaan (71 responden, 71%), maja/aih televis! (69 responden, 69%), seni dan budaya (58 responden, 58%), Iklan (57 responden, 57%), bincang-bincang (53 responden, 5~j,),. anak-anak (52 responden, 52%), film dokumenter (43 respo~aen, 43:1,), ilmu pengetahuan dan teknologl (39 responden, 39%) dan terakhlf olah raga (37 responden, 37%), xiii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 9-99 Das p
Uncontrolled Keywords: TELEVISION
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DINA DASACANNDRA., 079313842UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDSUKO WIDODO, DrsUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 05 Feb 2017 23:57
Last Modified: 05 Feb 2017 23:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52414
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item