TANGGAPAN DI SURAT KABAR TENTANG LAYANAN PT. TELKOM DIVISI REGIONAL V JAWA TIMUR STUDI DESKRIPTIF TENTANG LAYANAN PT. TELKOM DIVII REGIONAL V JAWA TIMUR DI SURAT KABAR SURYA DAN SURABAYA POST 1997

birom G., 079213762 (1999) TANGGAPAN DI SURAT KABAR TENTANG LAYANAN PT. TELKOM DIVISI REGIONAL V JAWA TIMUR STUDI DESKRIPTIF TENTANG LAYANAN PT. TELKOM DIVII REGIONAL V JAWA TIMUR DI SURAT KABAR SURYA DAN SURABAYA POST 1997. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis K.10-99.Bir t.pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Dalum masa reformasi maka prinsip-prinslp demokrasi mulai dijunjung tinggi, dan peranan rakyat mulai lebih diberi tempat yang lebih tinggi. Pada masa inilah peranan PR menjadi lebih nyata dan dibutuhkan olch bcrbagai pcmsahaan. Karena secara umum sasaran kegiatan public relations adalah berupaya unluk menciptakan opini publik yang menguntungkan perusahaan apalagi di tcngah kondisi krisis ekonomi dan menjclang era perdagangan bebas. Pada masa perdagangan bcbas maka persaingan yang ada tidakhanya dari pcrusahaan dalam negari tapi juga dari luar negcri. Dengan demikian hubungan yang baik dengan masyarakat dan pelanggan (customer relalioll.l) menjadi sangat penting. Sebagai upaya untuk mcncapai lujuan tcrschut pcrlu diadakan hubungan yang harmon is antara public relations dan publiknya (khususnya pelanggan). Salah satunya dengan cara mcnanggapi berbagai opini di media massa yang ditul is oleh publiknya. Penelitian ini dilakukan unluk melihat opini yang muncul dari masyarakat dan pelanggan lerhadap layanan PT. Telkom Divisi Regional V Jawa Timur di kolom surat pembaca Surya dan Surabaya Post dengan mcnggunakan mctode content analisis selama tahun 1997. Tanggapan dari pelaksana Public Relations PT. Telkom Divisi Regional V Jawa Timur juga menjadi bagian yang diteliti untuk mclihat bagaimana reaksi mereka terhadap surat pembaca dari masyarakat dan pelanggannya, Landasan teori yang digunakan adalah Peranan Public Relations dalam hubungannya dengan pelanggan serta Surat pembaca sebagai opini di sural kabar. Unit analisisnya adalah tematik dengan teknik analisis datanya sccara kuantitatif dengan mcnSf:,'Unakan tabel frekuensi. Dari temuan data yang dihasilkan tcmyata 248 surat pembaea tentang layanan Telkom yang ada, paling banyak terdapat di Surabaya Post (170 buah) dibandingkan di Surya (78 buah). Dan isi lema terbanyak adalah tema keluhan (253 buah) dari pelanggan dan masyarakat. Jumlah surat pcmbaea scbagai tanggapan dari Telkom (36 sural pcmbaca) jauh lebih keeil dibandingkan dari masyarakal dan pclanggan (212 sural pembaea). Dengan demikian maka pihak Publie Relations PT. Telkom Divisi Regional V Jawa Timur hams lebih meningkatkan upayanya dalam menangani dan mengantisipasi munculnya keluhan dari pelanggan dan masyarakat, khususnya yang disampaikan melalui media massa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 10-99 Bir t
Uncontrolled Keywords: NEWSPAPERS
Subjects: A General Works
A General Works > AN Newspapers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
birom G., 079213762UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDLiestianingsih D, Dra., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 06 Feb 2017 00:16
Last Modified: 06 Feb 2017 00:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52415
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item