PERAN PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN DALAM MENDORONG TUMBUHNYA CIVIL SOCIETY DITINGKAT LOKAL {Studi Desa Pakisaji Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)

DENY WIRATAMA, 070016388 (2004) PERAN PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN DALAM MENDORONG TUMBUHNYA CIVIL SOCIETY DITINGKAT LOKAL {Studi Desa Pakisaji Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis P 01-05 wir p.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Abstraksi Terjadinya krisis ekonomi pertengahan 1997 telah membawa implikasi yang luas di masyarakat, terutama im dirasakan oleh masyarakat pada lapisan bawah. Krisis ekonomi yang ditandai dengan melambungnya dollar terhadap rupiah tersebut menyebabkan berbagai kegiatan ekonomi masyarakat mengalami kemunduran, bukan saja terganggunya kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi di masyarakat, namun juga semakin kritisnya kondisi masyarnkat berhadapan dengan kebutuhan hidup yang makin melambung. Dari segi sosial ekonomi maupun politik, ini memicu makin meningkatnya pengangguran dan semakin kuatnya tekanan kemiskinan dan tentu ini sangat rnwan menimbulkan gejolak di masyarakat. Untnk mengeliminasi kemungkinan negatif yang tidak diinginkan dlLn mengeliminasi penderitaan masyarakat akibat krisis ekonomi, terutama dirasakan oleh masyarakat miskin agar tidak makin terpuruk berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah. Untuk merangsang perkembangan ekonomi dan memperkecil dampak krisis ekonomi yang berkepanjangan salah satu upaya yang ditempuh pemerintah adalah lewat Program Pengembangan Kecamatan (PPK). Keberadaan PPK yang didalamnya memuat prinsip-prinsip partisipasi, transaparansi, desentralisasi, keberpihakan kepada ornng miskin, kesinambungan dan kompetisi yang sehat diharapkan mampu memancing masyarakat untuk aktif dalam proses pembangunan, sekaligus mampu memberdayakan masyarakat lewat pemberian bantuan modal usaha dan pembangunan sarana dan prnsamna pendukung perekonomian masyarakat. Semakin tingginya partisipasi dan kontrol masyamkat dalam proses pembangunan desa diharapkan mampu mentransformasi kesadaran masyarakat untuk menjadi subyek pembangunan dalam proses pembangunan yang ada di daerahnya. Semakin aktif dan berdayanya organisasi-organisasi dan kelompokkelompok masyarakat diharapkan ke depan menumbuhkan civil society kuat. Masyarakat semakin aktif, kritis, mandiri, dan berdaya dalam menjawab setiap tantangan atan hambatan di dalam proses pembangunan desa. Dalam konteks otonomi daerah pernn PPK diharapkan mampu memancing partisipasi aktif masyarakat sehiogga mendorong tumbuhnya good governance bagi terwujudnya demokratisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 01-05 Wir p
Uncontrolled Keywords: CIVIL SOCIETY
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DENY WIRATAMA, 070016388UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDSiti Aminah, Dra,.MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 06 Feb 2017 02:00
Last Modified: 06 Feb 2017 02:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52418
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item