PERAN FRAKSI PP DALAM PROSES POLITlK (Studi Deskriptif tentang Peran FPP dalam Proses Penyampaian Aspirasi Masyarakat di DPRD II Kotamadya Pasuruan 1992 -1997)

MUFTlYAiH NURUL FALACH, 079213643 (2004) PERAN FRAKSI PP DALAM PROSES POLITlK (Studi Deskriptif tentang Peran FPP dalam Proses Penyampaian Aspirasi Masyarakat di DPRD II Kotamadya Pasuruan 1992 -1997). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis P.08-04.Fal p.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI DPRD sebagai lembaga perwakilan politik daerah salah satu perannya adalah sebagai penyalur aspirasi politik masyarakat yang selama J.nJ. dirasakan masih belum menunjukkan perannya yang optimal. Secara' deskriptif-kualitatif, dapat dicermati melalui proses mekanisme yang dijalankan oleh fraksi-fraksi (FPP) termasuk didalamnya pemerintah, yang dilalui dengan ikatan-ikatan patronase. Penelitian J.nJ. mengajukan permasalahan pokok mengenai gambaran bagaimana FPP itu dapat menyalurkan aspirasi masyarakat serta pelaksanaan peran mereka dalam melakukan proses politik sebagai wakil rakyat. Didalam peran tersebut akan dapat di1ihat bagaimana FPP dalam mekanisme kerjanya dapat mempengaruhi atau terpengaruh oleh peran eksekutif. Obyek penelitian adalah peran FPP DPRD di Kotamadya Pasuruan melalui snowball sampling. Data dihimpun baik dari data pimer ataupun data sekunder, yakni laporan-laporan dari SAPEDA, DPRD ataupun fraksi PP sendiri. Peran FPP dalam proses politik dijelaskan dalam kerangka pemikiran proses politik baik dalam struktur makro ataupun daerah, yang mana banyak dijelaskan oleh Arbi Sanit. Selain itu, Paul Conn dan Gross menjelaskan tentang bagaimana tahap-tahap dalam proses poltik yang menyangkut aspirasi praktis. Proses kompol juga mempengaruhi peran fraksi khususnya dalam pra politik. Hal ini banyak dij elaskan oleh Dan Nimo dan Mawardi Rauf. Kegiatan J.nJ. nantinya secara tidaklangsung mempengaruhi struktur politik yang menyangkut aktor politik didalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran FPP dalam proses aspirasi masyarakat banyak dipengaruhi oleh ikatan-ikatan patronase dan dominasi eksekutif. Peran dewan juga dapat dilihat dari proses mekanisme kerja dewan yang juga banyak dipengaruhi oleh ikatan-ikatan patronase, tentunya dengan tidak melepaskan faktor struktur makro dalam hal ini pelaksa~aan dari tata tertib DPRD yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 08-04 Fal p
Uncontrolled Keywords: POLITICAL PARTIES
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUFTlYAiH NURUL FALACH, 079213643UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDHeny Dwi Widyastuty, DraUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 06 Feb 2017 20:01
Last Modified: 06 Feb 2017 20:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52453
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item