PEMANFAATAN PROBIOTIK CAIR PADA AKUAKULTUR SEBAGAI USAHA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN EFISIENSI PAKAN Clarias gariepinus (IKAN LELE DUMBO)

FAUZIAH RIZQI, 081211432001 (2016) PEMANFAATAN PROBIOTIK CAIR PADA AKUAKULTUR SEBAGAI USAHA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN EFISIENSI PAKAN Clarias gariepinus (IKAN LELE DUMBO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB 40-16 Riz p ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB 40-16 Riz p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik dengan variasi dosis yang berbeda terhadap pertumbuhan panjang, bobot, sintasan (kelulushidupan), dan efisiensi pakan pada Clarias gariepinus (Ikan Lele Dumbo). Probiotik yang digunakan dalam penelitian ini merupakan suatu konsorsium bakteri (campuran) yang terdiri dari Bacillus megaterium, Bacillus licheniformis, Bacillus subtillis, Lactobacillus fermentum, Lactobacillus plantarum, Nitrobacter sp., dan Nitrosomonas sp. Penelitian ini bersifat eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Kelompok perlakuan yang digunakan terdiri dari control (KN), probiotik dosis 1 mL/kg (P1), probiotik dosis 3 mL/kg (P3), probiotik dosis 5 mL/kg (P5), probiotik dosis 7 mL/kg (P7), dan probiotik dosis 10 mL/kg (P10). Setiap perlakuan terdiri atas 20 pengulangan (replikasi biologis). Pertumbuhan meliputi panjang dan berat, diukur pada awal dan akhir penelitian. Sintasan meliputi jumlah data insidens kematian selama pemeliharaan. Efisiensi pakan meliputi jumlah data penggunaan pakan harian dengan ditimbang setiap melakukan pemberian pakan pada ikan. Data hasil pengamatan pertumbuhan panjang diuji menggunakan ANOVA one way dan uji DMRT atau Duncan sedangkan berat diuji menggunakan Brown-Forsythe dan Games-Howell. Hasil analisis stastistik panjang dan berat menunjukkan perlakuan P1 dan P7 memberikan hasil beda signifikan dibandingkan dengan perlakuan KN, P3, P5, dan P10. Data hasil pengamatan sintasan diuji menggunakan rumus dari Zonneveld et al. (1999). Hasil menunjukkan persentase tertinggi pada perlakuan P3 dan terendah pada perlakuan P7. Data hasil pengamatan penggunaan pakan diuji menggunakan rumus dari NRC (1993). Hasil menunjukkan persentase tertinggi pada perlakuan P7 dan terendah pada perlakuan P10.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKC MPB 40/16 Riz p
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
FAUZIAH RIZQI, 081211432001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi'matuzahroh, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 06 Feb 2017 21:56
Last Modified: 10 Jul 2017 22:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52470
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item