EVALUASI HARGA POKOK DAN TARIF KAMAR HOTEL (STUDt KASUS PADA HOTEL PRIANGAN PURWAKARTA)

SJAEFUL CHALIM (2001) EVALUASI HARGA POKOK DAN TARIF KAMAR HOTEL (STUDt KASUS PADA HOTEL PRIANGAN PURWAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 29.02 Cha eb.pdf

Download (401kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hotel adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Sebagai perusahaan jasa, hotel harns mampu memberikan pelayanan sebaik mungkin dengan mempergunakan sumber dana yang tersedia. Untuk mencapai tujuan tersebut maka hotel harus dikelola secara efektif dan efisien dengan menerapkan fungsi manajemen yang tepat Manajemen hotel diharapkan mampu merencanakan, mengatur, menggerakkan dan mengawasi seluruh kegiatan yang dilakukan para staf dan karyawan agar pekerjaan mereka dapat dipadukan menuju ke arah tujuan organisasi hotel. Sumber pokok laba hotel yang sangat besar dan diandalkan adalah berasal dari pengenaan tarif kamar terhadap tamu-tamu yang menginap. Dengan demikian diperlukan metode yang tepat untuk menentukan harga pokok kamar hotel maupun penentuan tarifnya. Berdasarkan hal tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perhitungan harga pokok kamar hotel yang tepat dan akurat yang digunakan sebagai dasar untuk menentukan tarif kamar hotel. Penulis mengadakan penelitian untuk mengetahui dan mengevaluasi harga pokok dan tarif kamar di Hotel Priangan Purwakarta. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian serta memperhatikan kesimpulan yang diperoleh, dapat diketahui bahwa tarif kamar per-jenis kamar di Hotel Priangan Purwakarta berdasarkan perkiraan dan informasi dari pesaing saja tanpa memperhitungkan biaya yang dikeluarkan selama ini. Penulis berpendapat bahwa evaluasi harga pokok produk jasa hotel sangat penting dilakukan untuk menentukan tarif tharga jual) kamar. Sehingga dengan melakukan evaluasi, pengusaha dapat menentukan besamya tarif kamar hotel dengan melihat dari segi biaya yang dikeluarkan. Disarankan kepada pihak manajemen untuk melakukan penentuan harga pokok produk jasa kamar hotel untuk masing-masing jenis kamar agar diperoleh tarif kamar hotel berdasarkan pada biaya yang diserap oleh masing-masing jenis kamar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
SJAEFUL CHALIMNIM049711358-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorELlA MUSTIKASARI, Dra., Msi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 Feb 2017 20:59
Last Modified: 07 Feb 2017 20:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52520
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item