ANALISIS MENU UNGGULAN DI KEDAI JEPARA RESTAURANT SURABAYA HILTON INTERNATIONAL (STUDY DESKRIPTIF TENTANG ANALISIS MENU ENGINEERING UNTUK MENINGKATKAN TARGET REVENUE DI FOOD AND BEVERAGE DEPARTMENT HOTEL SURABAYA HILTON INTERNATIONAL)

Priyo Bali Chevy Seftyana (2004) ANALISIS MENU UNGGULAN DI KEDAI JEPARA RESTAURANT SURABAYA HILTON INTERNATIONAL (STUDY DESKRIPTIF TENTANG ANALISIS MENU ENGINEERING UNTUK MENINGKATKAN TARGET REVENUE DI FOOD AND BEVERAGE DEPARTMENT HOTEL SURABAYA HILTON INTERNATIONAL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
52539.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Boleh dikatakan bahwa jasa yang dibenkan hotel adalah jasa kepariwi sataan. Selain penjualan kamar, hotel juga menjual makanan dan minuman yang menjadi pendapatan terbesar kedua setelah penjualan kamar. Apabila dilihat dari pendapatan yang dihasilkan dan kompleksitas permasalahan di Food and Beverage Department suatu hotel, memang tampak bahwa bagian makanan (Food Product) merupakan bagian yang lebih dominan dibandingkan dengan bagian minuman (Beverage Product). Pembuatan menu pada sebuah restaurant dilakukan berbagai proses dan ketentuan. Proses yang digunakan dalam pembuatan menu tersebut adalah menu engineering. Menu Engineering adalah proses langkah demi langkah dimana manajemen dapat mengevaluasi harga, design dan keputusan dan masa sekflrang maupun masa yang akan datang. Permasalahan yang ditampilkan oleh peneliti dalam tugas akhir ini adalah Bagaimanakah analisa menu engineering di Surabaya Hilton International serta Bagaimana keputusan dan tindak lanjut dari hasil analisis menu engineering yang telah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan menu untuk mencapai target revenue yang telah ditentukan oleh pihak manajemen melalui menu engineering dan bagaimana mengetahui seberapa penting peranan menu unggulan sesuai dengan fungsinya serta menganalisa keputusan dan tindak lanjut hasil analisis menu engineering. Sehingga nantinya penulis mendapatkan gambaran mengenai peranan Menu Engineering di Kedai Jepara Surabaya Hilton International Hotel. Pada penelitian ini penulis memilih lokasi di Kedai Jepara Surabaya Hilton International Hotel di jalan Gunung Sari. DaJam. peneJitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sehingga diperoleh data -data mengenai peranan menu engineering terhadap kedai Jepara Surabaya Hilton International Hotel, yang nantinya penulis dapat mengungkapkannya pada tugas akhir ini. Data -data yang diperoleh dari data primer, yaitu hasil dari observasi dan wawancara dan penuJis juga mendapatkan dari data sekunder yang berasal dari dokumen -dokumen. Adapun hasil dari analisa menu engineering yang dilakukan oleh pihak manajemen Kedai Jepara Surabaya Hilton International adalah penting lIDtuk mengetahui posisi dan masing -masing makanan yang ada dalam menu. Maka data yang ~iperoleh setelah mengadakan analisis menu sangat penting artinya bagi pihak manajemen Kedai Jepara Restaurant Surabaya Hilton International pada khususnya dan Surabaya Hilton International pada umumnya. Serta dapat meningkatkan pendapatan di Kedai Jepara Surabaya Hilton International.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW 05-05 Sef a
Uncontrolled Keywords: RESTAURANTS
Subjects: T Technology > TX Home economics
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
Priyo Bali Chevy SeftyanaNIM079910607-S
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 07 Feb 2017 23:38
Last Modified: 15 Jun 2017 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52539
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item