PELAYANAN PENUMPANG AlRLINES (Studi Deskriptif tentang pelayanan keluhan penumpang dalam Joint Operation Antara Malaysia Airlines dan Garuda Indonesia)

GELIS SWANDAYANI, 070110856/S (2004) PELAYANAN PENUMPANG AlRLINES (Studi Deskriptif tentang pelayanan keluhan penumpang dalam Joint Operation Antara Malaysia Airlines dan Garuda Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
52545.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Belakangan ini kita dihadapkan pada suatu tantangan, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia, yaitu masalah industri pariwisata yang pertumbuhannya menunjukkan grafik yang selalu meningkat. Semakin berkembangnya sektor industri jasa pada beberapa tahun terakhir telah mengakibatkan meningkatnya perhatian tehadap peran penting jasa khususnya jasa transportasi. Jasa transportasi udara saat ini merupakan pilihan yang tepat khususnya bagi para bussinesman. Dengan semakin banyaknya kebutuhan akan sarana transportasi udara dan bermunculannya berbagai airlines bam sehingga jasa ground handling sangat berperan dan membantu kelancaran proses penerbangan. Dalam penulisan ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, yang mana merupakan pene1itian yang menghasilkan data-data tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, untuk mendukung pembahasan digunakan metode wawancara tidak berstruktur kepada para informan yang berada di bandar udara Juanda Surabaya untuk dimintai keterangannya mengenai kondisi dan situasi objek penelitian. Mengadakan observasi dan menggunakan dokumentasi guna melengkapi dan menggambarkan data-data yang didapat dan menganalisis data secara kualitatif. Dengan begitu peneliti dapat mengetahui efektifitas prosedur pelayanan penurnpang di Malaysia airlines dan Gamda Indonesia. Di samping pengaruh yang positif dari hasil pengembangan diatas, maka perlu menciptakan suatu hubungan keIja sarna antar airlines sehingga perusahaan tersebut dapat menjalin persahabatan. Dalam hal ini Joint Operation/code share merupakan suatu solusi yang tepat dalam mempertahankan keberadaan suatu perusahaan. Malaysia Airlines (MAS) dan Garuda Indonesia (GA) telah menunjukkan suatu hubungan kerja sarna yang baik. Penumpang diberikan kemudahan dengan adanya satu tiket yang dapat digunakan diantara dua airlines tersebut diatas. Malaysia Airlines merupakan perusahaan jasa yang memiliki misi untuk menyediakan suatu sistem angkutan udara yang menguntungkan dan efisien, untuk mengembangkan suatu jasa domestik daninternasional yang sehingga dapat berperan dalam pengintegrasian sosial dan ekonomi negeri secara keseluruhan, serta dapat melatih dan mengembangkan personil dengan penggunaan tekhnik manajerial yang paling sesuai dan terbaru. Dari beberapa klasifikasi keluhan penurnpang, mechanical complaint (keluhan mekanikal) adalah keluhan yang sering teIjadi yaitu keluhan tersebut berhubungan dengan tidak berfungsinya salah satu peralatan yang digunakan. Misalnya sistem komputer yang sedang down. Penyelesaian dari keluhan tersebut harus disikapi dengan perhatian yang menyeluruh serta lebih berkonsentrasi pada permasalahan sehingga dengan kondisi dan waktu yang tepat, penye]esaiannya lebih cepat terse1esaikan dan dapat melegakan penurnpang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW 09-05 Swa p
Uncontrolled Keywords: AlRLINES
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsEmail
GELIS SWANDAYANI, 070110856/SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDEDWIN FIATIANO, , S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 08 Feb 2017 00:32
Last Modified: 15 Jun 2017 17:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52545
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item