PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2005-2007

ENY FANNIYYATI ASRI, 041211331008 (2016) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2005-2007. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A.333-16 Asr p Abstrak.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
52561.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ekspansi eksternal berupa merger atau akuisisi merupakan cara yang dianggap paling cepat untuk mengakses pasar baru tanpa harus membangun perusahaan dari awal. Akuisisi merupakan cara dan strategi yang tepat untuk menghadapi era globalisasi agar perusahaan mampu mewujudkan eksistensi dan kinerja yang optimal. Proses akuisisi akan menimbulkan hubungan induk dan anak dari perusahaan yang mengakuisisi (acquirer) dengan perusahaan yang terakuisisi (acquired). Tujuan penelitian ini adalah menguji secara empiris perbedaan nilai tambah ekonomi (economic value added—EVA), perbedaan nilai tambah pasar (market value added—MVA), dan perbedaan nilai tambah kas (cash value added—CVA) saat sebelum dan sesudah perusahaan melakukan akuisisi. Metode nilai tambah (value added) yang digunakan merupakan cara untuk mengatasi kelemahan peniliaian kinerja keuangan perusahaan menggunakan analisis rasio keuangan yang tidak memperhitungkan biaya modal (cost of capital). Biaya modal merupakan tingkat keuntungan yang diharapkan oleh investor. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2005 sampai 2007. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 14 perusahaan yang memenuhi kriteria purposive sampling yang ditetapkan dalam penelitian. Kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah melakukan akuisisi dinilai dengan metode EVA, MVA, dan CVA. Hasil penelitian membuktikan EVA mengalami penurunan nilai saat setelah melakukan akuisisi dan terbukti berbeda secara sigifikan. Market value added (MVA) setelah melakukan akuisisi menunjukkan nilai yang meningkat namun tidak terbukti berbeda signifikan. Hasil berbeda ditunjukkan oleh CVA yang mengalami kenaikan nilai saat setelah akuisisi dan berbeda secara signifikan. Kata Kunci: Akuisisi, Economic Value Added, Market Value Added, dan Cash Value Added.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.333-16 Asr p
Uncontrolled Keywords: Akuisisi, Economic Value Added, Market Value Added, dan Cash Value Added.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ENY FANNIYYATI ASRI, 041211331008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Iswati, Prof. Dr. Hj., S.E., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Feb 2017 18:12
Last Modified: 15 Jun 2017 17:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52561
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item