PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP BUDGETARY SLACKMELALUI BUDGET EMPHASIS DAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

ANNISA RAHMAWATI, 041211333138 (2016) PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP BUDGETARY SLACKMELALUI BUDGET EMPHASIS DAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A.378-16 Rah p Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (fulltext)
52562.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anggaran sektor publik merupakan instrumen akuntabilitas atas pengelolaan dana publik dan pelaksanaan program-program yang dibiayai dengan uang publik. Dengan membangun suatu sistem penganggaran yang melibatkan seluruh lini organisasi diharapkan mampu meningkatkan kinerja agen. Sistem penganggaran seperti ini yang selanjutnya disebut penganggaran partisipatif. Kebijakan baru Bupati Kabupaten Jember tahun 2016 yang melarang sekolah negeri menghimpun dana dari orangtua siswa dalam bentuk apapun diperkirakan mampu mengindikasikan munculnya budgetary slack. Hal ini diduga terjadi karena adanyabeberapa faktor yang dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh hubungan penganggaran partisipatif terhadap budgetary slack. Penelitian ini menggunakan budget emphasis dan locus of control sebagai variabel moderasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penganggaran partisipatif terhadap budgetary slack, melalui budget emphasis dan locus of control sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada pihak internal Sekolah Menengah Pertama Negeri yang terlibat dalam penyusunan anggaran di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Jember. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang kemudiandi analisis menggunakan bantuan software SPSS 20.0. Hasil penelitian terhadap 31 sampel menunjukkan bahwa penganggaran partisipatif berdampak negatif terhadap budgetary slack. Variabel budget emphasis memoderasi (memperkuat) pengaruh penganggaran partisipatif terhadap budgetary slack, sedangkan variabel locus of control memoderasi (memperlemah) pengaruh penganggaran partidsipatif terhadap budgetary slack. Kata kunci: Penganggaran partisipatif, Budgetary Slack, Budget Emphasis, Locus of Control.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.378-16 Rah p
Uncontrolled Keywords: Penganggaran partisipatif, Budgetary Slack, Budget Emphasis, Locus of Control.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2005-2216 Income and expenditure. Budget
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ANNISA RAHMAWATI, 041211333138UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Iswati, Prof. Dr. Hj., SE., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Feb 2017 18:27
Last Modified: 15 Jun 2017 17:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52562
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item