KEBERADAAN TOKO SOUVENIR DALAM MENUNJANG PAKET WISATA DI SURABAYA ( Studi deskriptif upaya yang dilakukan Mirota Art dan Batik Surabaya Untuk Meningkatkan peranan dalam menunjang pelaksanaan Paket Wisata di Surabaya)

EKA SULISTYA WARNI, 079710236-S (2000) KEBERADAAN TOKO SOUVENIR DALAM MENUNJANG PAKET WISATA DI SURABAYA ( Studi deskriptif upaya yang dilakukan Mirota Art dan Batik Surabaya Untuk Meningkatkan peranan dalam menunjang pelaksanaan Paket Wisata di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FIS PW 17-01.SUL K.pdf

Download (166kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang dilakukan oleh Mirota Art and Batik Surabaya dalam usaha meningkatkan peranan Mirota Art and Batik Surabaya dalam menunjang paket wisata di Surabaya. penelitian ini dilakukan di Surabaya dimana Mirota Art and Batik Surabaya merupakan salah satu toko souvenir yang menjual beranekaragam barang-barang souvenir dan menjadi tujuan wisatawan untuk berbelanja souvenir atau cenderamata khas Surabaya sampai luar pulau yang tentunya khas Indonesia. Fokus penelitian ini benifat deskriptif yaitu memberikan gambaran secermat mungkin mengenai suatu keadaan tertentu untuk menentukan frekuensi adanya hubungan tertelltu antara adanya gejala dalam masyarakat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan penggunaan bahan dokumen. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini yaitu memilih informan yang benar-benar berkecimpung atau terlibat pada keadaan yang diteliti. Guna menunjang wawancara, penulis memilih beberapa informan diantaranya Pimpinan, Pengawas, Pramuniaga, dan pengunjung Mirota Art and Batik Surabaya. Adapun alasan menggunakan analisa deskriptif kualitatif karena penelitian ini menghasilkan data deskriptif dengan kata-kata tertulis atau lisan dari orang yang diamati. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Mirota Art and Batik Surabaya mempunyai peranan yang sangat penting, dalam hal ini Mirota Art and Batik Surabaya merupakan salah satu pelengkap dalam serangkaian obyek atau tojuan wisata yang dikonjungi. Mirota Art and Batik Surabaya menyediakan Souvenir atau cinderamata untuk pengunjung khususnya wisatawan sehingga kenangan maupun untuk sesuatu yang dapat diperhatikan atau diceritakan kepada rekan-rekan yang berkonjung ke Surabaya. Selain itu diperlukan dukungan dan kerjasama dari pihak yang terkait untuk mempromosikan Mirota Art and Batik Surabaya supaya keberadaannya dapat berperan untuk meningkatkan city tour Surabaya. XlV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB-KK-2 FIS PW 17-01 SUL K
Uncontrolled Keywords: SOUVENIR
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsEmail
EKA SULISTYA WARNI, 079710236-SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDDian Yulie Reindrawati, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 08 Feb 2017 20:30
Last Modified: 08 Feb 2017 20:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52586
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item