ANALISIS UNIT COST PEMERIKSAAN DI INSTALASI LABORATORIUM RSD MARDI WALUYO KOTA BLITAR DENGAN METODE TIME-DRIVEN ACTIVITY BASED COSTING (TDABC)

DWI RAHMA FITRIANI, 041211331020 (2016) ANALISIS UNIT COST PEMERIKSAAN DI INSTALASI LABORATORIUM RSD MARDI WALUYO KOTA BLITAR DENGAN METODE TIME-DRIVEN ACTIVITY BASED COSTING (TDABC). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A.285-16 Fit a Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (fulltext)
A.285-16 Fit a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Mardi Waluyo Kota Blitar yang telah berstatus sebagai BLUD menghadapi tantangan yang cukup besar dalam kaitannya dengan mempertahankan kepuasan masyarakat. Metode ABC tradisional yang diterapkan di Rumah Sakit Mardi Waluyo kurang efektif untuk membantu manajemen dalam mengatasi tantangan tersebut, karena metode ABC kurang akurat dan rinci dalam menggambarkan kompleksitas operasi sesungguhnya sebagai dasar pembebanan biaya. Metode yang dapat membantu manajemen adalah Time-Driven Activity Based Costing. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan biaya satuan dengan metode TDABC serta menghitung tingkat pemulihan biaya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan subyek penelitian RS Mardi Waluyo Blitar dengan objek analisis penentuan unit cost pada pemeriksaan laboratorium RS Mardi Waluyo dengan metode TDABC. Penelitian ini menggunakan 5 jenis pemeriksaan yang dianalisis yaitu darah, urine, feses, cairan pleura dan mikrobiologi sputum. Perhitungan biaya satuan dengan menggunakan TDABC ini diperoleh besarnya biaya satuan yang rata-rata lebih rendah dibandingkan tarif yang berlaku. Sedangkan hasil perhitungan cost of performing activity, menunjukkan bahwa kapasitas terpakai untuk pemeriksaan darah sebesar 93,80% dan feses 99,86%. Sementaraitu, kapasitas terpakai pemeriksaan urine, cairan pleura dan mikrobiologi sputum berada pada tingkat maksimal. Dengan demikian, pemanfaatan kapasitas sudah cukup efisien namun masih perlu pemerataan dan pengelolaan yang lebih baik agar kapasitas dapat terdistribusi secara merata yang nantinya dapat mendukung pemberian pelayanan terbaik kepada pelanggan (pasien). Kata Kunci : Unit cost, Time Driven Activity Based Costing (TDABC), Tingkat pemulihan biaya (CRR)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.285-16 Fit a
Uncontrolled Keywords: Unit cost, Time Driven Activity Based Costing (TDABC), Tingkat pemulihan biaya (CRR)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DWI RAHMA FITRIANI, 041211331020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Ningsih, SE, M.Si, Ak.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Feb 2017 18:25
Last Modified: 09 Feb 2017 18:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52623
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item