PENGARUH BAWANG PUTIH (Allium sativum linn) TERHADAP KADAR MALONDIALDEHYD DAN HISTOPATOLOGIS SEL ENDOTEL PEMBULUH DARAH TIKUS PUTIH ( Rattus norvegicus)

TINE AGUSTINA, 060012814 (2004) PENGARUH BAWANG PUTIH (Allium sativum linn) TERHADAP KADAR MALONDIALDEHYD DAN HISTOPATOLOGIS SEL ENDOTEL PEMBULUH DARAH TIKUS PUTIH ( Rattus norvegicus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
52700.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bawang putih terhadap kadar lUalondialdehyd (MDA) dan histopatologis sel endotel pembuluh darah tikus putih yang mendapatkan stres, menggunakan 30 ekor tikus putih dengan berat badan rata-rata 190 gram berumur 3 bulan. Tikus putih dikelompokkan seeara acak menjadi 5 kelompok, PI dan P2 kelompok kontrol, P3, P4, P5 kelompok perlakuan. PI merupakan kelompok kontrol negatif dengan pemberian aquades 3 ee/hari/ekor selama 3 minggu, P2 merupakan kontrol positif dengan pemberian aquades 3 ee/hari/ekor dan stressor selama 3 minggu, P3 dengan pemberian ekstrak air bawang putih 3 ec/hari/ekor (25 %) dan stressor selama 3 minggu, P4 dengan pemberian ekstrak air bawang putih 3 cc/hari/ekor (50%) dan stressor selama 3 minggu, P5 dengan pemberian ekstrak air bawang putih 3 ee/hari/ekor (75%) dan stressor selama 3 minggu. Pada akhir pemberian perlakuan semua tikus dianastesi dengan eter, masing-masing diambil darahnya melalui jantung sebanyak 3 cc untuk pemeriksaan kadar MDA dan aorta sepanjang 2 em untuk pemeriksaan histopatologis. Data kadar MDA yang terkumpul dianalisis dengan uji Anova dilanjutkan uji Beda Nyata Terkeeil. Data histopatologis endote! dianalisis dengan Uji Kruskal Wallis dilanjutkan uji Z. Hasil analisis kadar MDA menunjukkan peningkatan kadar MDA pada P2. Perbedaan yang nyata antara P2 dengan P3, P4 dan P5 pada p<0,05. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa stres dapat menyebabkan peningkatan kadar MDA, dan ekstrak air bawang putih dengan konsentrasi 25%, 50% dan 75% bermanfaat meneegah peningkatan kadar MDA karena stres. Gambaran histopatologis menunjukkan akumulasi sel-sel radang pada endotel aorta kelompok P2 yang tidak berbeda nyata dengan P3 dan P4 pada p<0,05. Kelompok P5 menunjukkan penurunan akumulasi sel-sel radang pada endotel. Dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak air bawang putih dengan konsentrasi 75% efektif meneegah akumulasi sel-sel radang pada endotel yang meningkat akibat mendapat stres.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 130-05 AGU P
Uncontrolled Keywords: Rattus norvegicus
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
TINE AGUSTINA, 060012814UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDRoesno Darsono, , Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 12 Feb 2017 21:48
Last Modified: 18 Jun 2017 19:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52700
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item