PENGGUNAAN BERBAGAI DOSIS PROBIOTIK SEBAGAI BIOSUPLEMENT DENGAN INTERVAL DUA KALI SEMINGGU PADA PAKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS AYAM PEDAGING (Gallus domesticus)

LIRA SUSINARLA, 081211431118 (2016) PENGGUNAAN BERBAGAI DOSIS PROBIOTIK SEBAGAI BIOSUPLEMENT DENGAN INTERVAL DUA KALI SEMINGGU PADA PAKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS AYAM PEDAGING (Gallus domesticus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB 66-16 Sus p ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB 66-16 Sus p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh probiotik berbahan baku molase dengan berbagai konsentrasi terhadap kenaikan pertumbuhan dan produktivitas, serta FCR (Feed Convertion Rasio) ayam pedaging (Gallus domesticus). Probiotik pada penelitian ini terdiri atas 3 kelompok mikroba, yaitu golongan bakteri asam laktat atau BAL (Lactobacillus casei, Lactobacillus fermentum, Lactobacillus plantarum, dan Lactobacillus acidophilus), golongan bakteri Bacillus (Bacillus subtilis dan Bacillus licheniformis) dan ragi/yeast (Saccharomyces cerevisiae). Penelitian bersifat eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), terdiri atas 5 perlakuan uji dan perlakuan kontrol, yang merupakan kelompok tanpa pemberian probiotik. Perlakuan uji terdiri atas kelompok yang diberi perlakuan probiotik dengan konsentrasi 1%, 2,5%, 4%, 5,5% dan 7% yang diberikan dua kali seminggu. Tiap perlakuan terdiri atas 7 pengulangan. Pertumbuhan ayam meliputi berat badan ayam yang ditimbang setiap minggu. Produktivitas ayam meliputi berat ayam yang ditimbang 1 kali yaitu pada minggu kelima. Data hasil pengamatan pertumbuhan dianalisa menggunakan uji Kruskal- Wallis dan dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney dengan derajat signifikan 5%. Data hasil pengamatan produktivitas dianalisa menggunakan uji ANOVA satu arah dan uji lanjutan berupa uji Duncan dengan derajat signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik berpengaruh terhadap kenaikan pertumbuhan dan produktivitas, serta FCR (Feed Convertion Rasio) ayam pedaging. Pada perlakuan P3 (pemberian probiotik 4%) memberikan hasil tertinggi untuk berat pertumbuhan pada minggu ke 3-4 (614,29±25,73 g) dan berat produktivitas (1590,00±103,44 g). Nilai FCR pakan terendah terdapat pada perlakuan P3 (pemberian probiotik 4%) dengan nilai 1,19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKC MPB 66/16 Sus p
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
LIRA SUSINARLA, 081211431118UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTini Surtiningsih, Prof.,Dr.,Ir., DEA.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Feb 2017 22:10
Last Modified: 12 Feb 2017 22:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52705
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item