USULAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI MESIN GILINGAN PLASTIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FMEA (FAILURE MODES AND EFEECT ANALYSIS) DI PT. CAHAYA AGRO TEKNIK SURABAYA

ABRAHAM KARTIKO SAPUTRO, 041211233124 (2016) USULAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI MESIN GILINGAN PLASTIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FMEA (FAILURE MODES AND EFEECT ANALYSIS) DI PT. CAHAYA AGRO TEKNIK SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
B. 247-16 Sap u. Abstrak.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
B. 247-16 Sap u. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengendalian kualitas sangatlah penting bagi perusahaan saat ini, khususnya perusahaan manufaktur. PT Cahaya Agro Teknik Surabaya adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan mesin-mesin pertanian dan teknologi tepat guna. Pada pembuatan mesin gilingan plastik,terjadi tingkat kecacatan cukup tinggi pada proses pemotongan, pengelasan, pembuatan pisau dan storing. Kecacatan tersebut diatas batas toleransi kecacatan yaitu sebesar 15%.Oleh karena itu penelitian ini menggunakanFMEA (Failure Modes and Effecst Analysis) untuk mengidentifikasi dampak dan resiko kecacatan pada proses produksi mesin gilingan plastik. Penggunaan cause and effect diagram untuk mencari penyebab kegagalan pada proses pemotongan, pengelasan, pembuatan pisau dan storing. Kemudian menentukan prioritas tindakan perbaikan berdasarkan nilai perkalian antara nilai severity, occurrence dan detection. Nilai RPN tertinggi berasal dari kategori manusia yaitu sebesar 1.112, artinya kategori manusia memberikan kontribusi paling banyak dalam hal kecacatan dan sebagai prioritas utama dilakukannya perbaikan.Selanjutnya prioritas penanganan kedua adalah ada pada kategori metode dimana nilai RPN sebesar 391. Lalu menempati prioritas ketiga yaitu kategori mesin dengan nilai RPN sebesar 390. Kemudian prioritas terakhir berasal dari kategori material yang memiliki nilai RPN sebesar 336. Diharapkan dengan menggunakan metode FMEA dapat menjadi rekomendasi yang baik untuk mengurangi bahkan menghilangkan kecacatan, sehingga dapat meningkatkan kualitas produk mesin gilingan plastik. Kata kunci : Mesin Gilingan Plastik, Cause and Effect Diagram, Failure Modes and Effects Analysis (FMEA), Risk Priority Number (RPN)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B.247/16 Sap u
Uncontrolled Keywords: Mesin Gilingan Plastik, Cause and Effect Diagram, Failure Modes and Effects Analysis (FMEA), Risk Priority Number (RPN)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ABRAHAM KARTIKO SAPUTRO, 041211233124UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Indro Kirono, Drs. Ec.MMUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 31 Jul 2017 19:08
Last Modified: 31 Jul 2017 19:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52753
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item