PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION, DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KARYAWAN DEPARTEMEN PASASI MASKAPAI PENERBANGAN STUDI KASUS DI PERUSAHAAN LION MENTARI AIRLINES BANDARA JUANDA SURABAYA

ANINDHITA FIJHRI LESTARI, 041211231266 (2016) PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION, DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KARYAWAN DEPARTEMEN PASASI MASKAPAI PENERBANGAN STUDI KASUS DI PERUSAHAAN LION MENTARI AIRLINES BANDARA JUANDA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
52815.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan bisnis saat ini berkembang sangat pesat terutama dalam lingkungan industri yang bergerak di bidang jasa penerbangan, industri jasa penerbangan kini mengalami pertumbuhan yang signifikan dengan memiliki sistem dan pelayanan yang baik. PT Lion Mentari Airlines adalah perusahaan industri yang bergerak dibidang jasa penerbangan, perusahaan ini melayani banyak penerbangan antara lain penerbangan nasional maupun internasional. Namun dalam hal ini Lion Air tidak diimbangi dengan kuantitas karyawannya dikarenakan sering mengalami turnover, departemen yang sering mengalami turnover adalah departemen pasasi, departemen pasasi ini adalah bertugas untuk melayani penumpang sebelum keberangkatan. Dalam hal ini departemen pasasi sering mengalami turnover dikarenakan karyawan sering mengalami overtime dan kompensasi yang kurang diperhatikan, sehingga kepuasan kerja dan komitmen bukan menjadi faktor utama karyawan keluar dari perusahaan, namun ada variabel lain yang lebih dominan untuk mempengaruhi turnover intention pada karyawan. Sehingga dalam hal ini peneliti menemukan hasil bahwa kepuasan kerja berpengaruh signifikan dengan komitmen organisasi, sedangkan untuk kepuasan kerja dan komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap turnover intention, serta komitmen organisasi memediasi seluruhnya hubungan kepuasan kerja terhadap turnover intention, hal ini disebabkan oleh perbedaan fenomena perusahaan jasa dengan perusahaan non jasa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan departemen pasasi PT.Lion Mentari Airlines Bandara Juanda Surabaya dengan menggunakan metode accidental sampling dan analisis data yang digunakan software SmartPLS 2.0 m3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 285-16 Les p
Uncontrolled Keywords: Kepuasan kerja, komitmen organisasi, turnover intention, PLS, metode accidental sampling
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ANINDHITA FIJHRI LESTARI, 041211231266UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Nurtjahja Moegni, Dra.Ec. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 15 Feb 2017 20:56
Last Modified: 18 Jun 2017 20:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52815
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item