PENGUKURAN EFEKTIFITAS BIAYA PENCEGAHAN DAN PENILAIAN TERHADAP PENURUNAN BIA YA KEGAGALAN INTERNAL (STUDI PADA PT. ROMOS INTI COSMETICS INDUSTRIES SURABAYA)

SAPTINI JULIANTI, 049434817 (1998) PENGUKURAN EFEKTIFITAS BIAYA PENCEGAHAN DAN PENILAIAN TERHADAP PENURUNAN BIA YA KEGAGALAN INTERNAL (STUDI PADA PT. ROMOS INTI COSMETICS INDUSTRIES SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 2407-98.Jul p.pdf

Download (533kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Peraaingan dalam dunia usaha yang semakin ketal dan global menuntut pel1.lSabaan untuk menempatkan kualitas sebagai salah satu faktor dominan yang pedu dipertimbangkan untuk menjamin kemenangan badan usaba dalam persaingan tingkat duma Perencanaan dan pengendalian kualitas perlu dilakukan untuk dupat mencupai kualitas produk yang diinginkan. Peningkatan kualitas produk tidak akan lepas dari biaya yang dikeluarkan untuk meningkntkan kualitas produk ter'Sebut. Situasi dan kondisi pada setiup badan usaha yang berbeda-beda menyebahkan komposisi dan distribusi biaya kualitasnya berbeda pula. Dalam sistem akuntansi manlliemen tradisional terutama tentang biaya kualitas dikatakan bahwa jib biaya pengendalian (cost ofcontrol) meningkat, maka biaya kegagalan pengendalian (cost of failure control) menurun dan sepanjang penurunan tersebut lebih beaM da.ri kenaikan biaya pengendalian, perusahaan perlu melanjutkan Ullaha pencegahan produk rusa\{, demikian pula yang dilakukan oleh PT. Romos lCI Surahaya Hal ini menimbulkan pemikiran untuk mengetahui seberapa jauh efektifitas perubahan biaya pencegaban dan biaya penilaian terhadup penurunan biaya kegagalan internal yang terjadi di pel1.lSabnannya. Untuk melihnt perilaku vllriahel biaya pencegah311 dan biaya penilaian dalam kaitannya dengan penurunan biaya kegagalan internal yang terjadi dignnakan model regresi linier berganda dengan lag yang didistribusikan. Dan setelah dilakukan pengujian baik secara bersama maupun secara parsial. menunjukkan bahwa efektifitas penurunan biaya kegagalan internal yang terj alii eli perusabaan seCllra bersama dipengaruhi oleh perubahan variahel biaya pencegahan bulan bersangkutan sampai 3 bulan sebelumnya dan biaya penilaian bulan bersangkutan sampai 3 bulan sebelumnya. Dari beberupa vllriahel bebas yang mempengaruhi variahel tergantungnya, biaya pencegahllJl 3 bulan sebelumnya merupakllJl variahel yWlg mempunyai pengaruh pnling domintl.ll terhadup biaya kegagalllll intemnl yang terjadi. pengelompokan biaya kunlitas ke dnlnm biuya produksi menyebobkan pihak manlliemen mengalami hambatan dalam membuat anggaran ulltuk biaya kualitasnya Pengendalian dilakukan terhadap biaya produksi secara keseluruhllJl, sehingga jika terjadi penyimpangan terhadup biaya kualitas, manajemen tidak dapal segera mengambil keputusan untuk dapat menekan biaya kualitas terutama biaya kegagalan internal. Komposisi dan distribusi biaya kualitas yang tidak merata bahkan menunjukkan persentase yang sangal besar pada biaya kegagalan internal dibanding billYa pencegahan dan penilaian tidaklah menguntungkan bagi perusah!lllIl. Jika tidak berubah, dalam jangkll panjsllg hal ini mengindikllSikan ballwa program pengendnliWl kunlitas yang dilaks31lakan tidak berbusil dengull baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 2407/98 Jul p file fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: PENGUKURAN EFEKTIFITAS BIAYA PENCEGAHAN DAN PENILAIAN TERHADAP PENURUNAN BIA YA KEGAGALAN INTERNAL (STUDI PADA PT. ROMOS INTI COSMETICS INDUSTRIES SURABAYA)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA177.4-185 Engineering economy
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
SAPTINI JULIANTI, 049434817UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorANDRY IRWANTO, Drs.,MBA,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 15 Feb 2017 23:38
Last Modified: 15 Feb 2017 23:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52846
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item