PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DAN PENENTUAN PRIORITAS ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS PADA PT. ANDROMEDA GALACTICORP SURABAYA)

EDISON,ANTARES ALVA, 040912264 (2016) PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DAN PENENTUAN PRIORITAS ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS PADA PT. ANDROMEDA GALACTICORP SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
b 277 edi p.pdf

Download (848kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan bisnis di era globalisasi saat ini menimbulkan persaingan yang cukup ketat. Setiap harinya muncul pelaku bisnis yang memperkenalkan bidang usahanya sehingga dunia bisnis semakin kompetitif. Perubahan yang luar biasa dalam persaingan, produksi, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia dan penanganan transaksi antar perusahaan dengan pelanggan dan perusahaan dengan perusahaan lain, menyebabkan pengukuran kinerja perusahaan menjadi hal yang penting bagi manajemen untuk melakukan evaluasi terhadap performa perusahaan dan perencanaan tujuan di masa mendatang. Selain digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan, pemgukuran kinerja juga dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan sistem imbalan dalam perusahaan. Diperlukan suatu standar pengukuran kinerja yang tepat sebagai tolak ukur perusahaan dalam mencapai tujuannya. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pengukuran kinerja yaitu dengan metode balanced scorecard. Balanced scorecard dianggap sebagai suatu metode pengukuran kinerja yang tepat karena mengukur kinerja perusahaan dari aspek keuangan dan non keuangan serta dari sisi internal maupun eksternal perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini akan meneliti tentang perancangan pengukuran kinerja dengan metode balanced scorecard dan prioritas perbaikan dengan metode analitycal hierarchy process pada perusahaan pengadaan barang dan konsultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan pengukuran kinerja dengan metode balanced scorecard menghasilkan 9 KPI. Dari hasil olah data dengan menggunakan metode analitycal hierarchy process diperoleh bahwa perspektif pelanggan memiliki hasil pembobotan tertinggi dengan nilai 0,455; sedangkan Perspektif Proses Bisnis Internal memiliki hasil pembobotan tertinggi kedua dengan nilai 0,263. Perspektif keuangan dengan hasil pembobotan 0,141 dan Perspektif Learning & Growth dengan hasil pembobotan 0,141. Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Analytical Hierarchy Process

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKb KK-2 B 277 16 Edi p
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
EDISON,ANTARES ALVA, 040912264UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
Contributoretty Dwi L, SEUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 16 Feb 2017 00:11
Last Modified: 16 Feb 2017 00:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52851
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item