ANALISIS PENGARUH PENGENALAN MEREK TERHADAP NIAT BELl KONSUMEN MELALUI KEVAKINAN KONSUMEN DAN SIKAP KONSUMEN PADA PRODUK TEH BOTOL SOSRO D1 SURABAYA

SRI RAHAYUNINGSIH, 040013571 E (2003) ANALISIS PENGARUH PENGENALAN MEREK TERHADAP NIAT BELl KONSUMEN MELALUI KEVAKINAN KONSUMEN DAN SIKAP KONSUMEN PADA PRODUK TEH BOTOL SOSRO D1 SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 05-04 Rah a.pdf

Download (527kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini wnuk mengetahui pengaruh pengenaJan merek terlladap niat beli konswnen melalui keyakinan konsumen dan niat beli konsumen pada produk teh botol Sosro di Surabaya. Konsumen yang diteliti adalah para konsumen yang sudah mengenal produk teh botol Sosro yang berada di Surabaya. Penelitian ini dilakukan mengill!,.rat peIHingnya pengetahuan merek menjadi penentu penting pengeluaran infonnasi dan ingatan konsumen untuk mempengaruhi respon . mereka. Oleh karena iru, perusahaan perlu mengembangkan usaha pengenalan merek pada kOf!sun:en agar konsumen dapat mengenaJ dengan baik merek tersebut dipandang dan atribut fisik produknya dan mampu membuat konsumen membedakannya dengan merek yang Jain. Varia bel independen yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi konsep Consumer Decision Model dari Howard (1994 :35) yaitu pengenalan merek. Kcyakinan konsumen dan sikap konsumen merupakan variabel antara yang dapat berlaku sebagai variabel independen dan variabel dependen. Sedangkan variabel depcndennya adalah niat beli konsumen pada produk teh botol Sosro di Surabaya. Dua ratus responden telah mengisi kuisioner dan menjadi sumber data penelitian ini. Dengan leknik pearson product moment dan teknik cronbach's alpha, data penelitian ini telah memenuhi syarat valid dan reliabel. Uji hipotesis yang dilakukan dengan menggWlakan teknik analisis regresi tinier sederhaIia dan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan melalui variabel antara. Model persamaan regresi tinier sederhana dalam penelitian ini adalah: Y 1=0,431 +0,817X Y2= 1,880 + 0,406X Y)= 1,683 + 0,635Y1 Y3= 0,866 + O,846Y2 Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan bahwa varia bel pengenalan merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keyakinan konsumen, pengenalan merek memiliki pengaruh signifikan terhadap si]mp konsurnen, keyakinan konsumen memiliki pengaruh signifikan terbadap niat beli konsurnen, sikap konsumen memiliki pengaruh signifikan terbadap niat beli konsumen, dan pengenalan merek memiliki pengaruh terbadap niat beli konsumen melalui keyakinan konswnen dan sikap konsumen, pada produk teh botol Sosro di Surabaya. Selain itu dari perhitungan koefisien regresi diketahui bahwa apabila pengenalan merek mengalami kenaikan sebesar 10 unit., maka niat beli konsumen akan mengalami kenaikan sebesar 6,76 unit. Berdasarkan basil penelitian ini, saran untuk PT Sinar Sosro adalah agar secara teratur memberikan informasi tentang produknya dan mengadakan kegiatan yang mampu menciptakan dan memperkuat posisi mereknya dalam benak konsumen. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat berupa pensponsoran acara-acara seperti acara musik. Disamping itu PT Sinar Sosro juga periu menyelenggaraan seminar yang berhubungan dengan manfaat teh bagi kesehatan untuk membangun kesadaran konsumen akan manfaat teh.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 B 05/03 Rah a file fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: ANALISIS PENGARUH PENGENALAN MEREK TERHADAP NIAT BELl KONSUMEN MELALUI KEVAKINAN KONSUMEN DAN SIKAP KONSUMEN PADA PRODUK TEH BOTOL SOSRO D1 SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
SRI RAHAYUNINGSIH, 040013571 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorINDRIANA WATI USMAN, Dra. Ec. . M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Feb 2017 20:11
Last Modified: 16 Feb 2017 20:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52914
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item