ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN ATAS ATRIBUT HOTEL TERRADAP LOYALITAS KONSUMEN HOTEL NOVOTEL SURABAYA

DYAH WISUDANINGRUM, 040023560 E (2003) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN ATAS ATRIBUT HOTEL TERRADAP LOYALITAS KONSUMEN HOTEL NOVOTEL SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 06-04 Wis a.pdf

Download (542kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagaimana diketahui, bahwa tidak mudah bagi suatu perusahaan untuk tetap mempertahankan konsumen yang telah ada dan menjaganya agar mereka tetap menjadi pelanggan yang setia, hal ini disebabkan oleh semakin tingginya tingkat persaingan pasar. Atas dasar tersebut usaha untuk menciptakan kepuasan bagi para konsumen merupakan hal yang dapat dilakukan untuk memperoleh loyalitas konsumen. Dalam hal ini tingkat kepuasan akan ditentukan oleh seberapa jauh persepsi konsumen mampu menyamai atau balikan melampaui harapan konsumen. Semakin konsumen puas,maka loyalitas akan meningkat pula, sehingga akan memiliki dampak yang cukup besar terhadap tingkat keuntungan dan pertumbuhan bisnis tersebut. Hotel sebagai usaha jasa untuk mendukung berbagai aktivitas, baik untuk industri pariwisata, bisnis yang dilakukan oleh investor domestik atau asing, atau sebagai tempat untuk mengadakan acara-acara istimewa, seminar, perkawinan akan selalu menawarkan berbagai fasilitas, kenyamanan, serta pelayanan yang istomewa disertai dengan harga yang istimewa juga. Tingkat persaingan antar hotel semakin ketat dengan menghadirkan berbagai strategi pemasaran yang menarik bagi konsumen.Melalui penganalisaan tingkat kepuasan konsumen terhadap atn1mt hotel akan memudabkan perusahaan untuk menyusun berbagai strategi pemasaran agar lebih efektif dan efisien sesuai dengan harapan konsumen, sehingga akan mendorong konsumen untuk lebih loyal. Dengan melihat pentingnya kondisi ini, penelitian ini mencoba mengkaj i dan menganalisis pengaruh kepuasan atas atribut hotel terhadap loyalitas konsumen hotel Novotel Surabaya. Atribut-atribut hotel yang dianalisis terdiri dari: Lokasi, Fasilitas, Kualitas kamar, Barga, dan Pelayanan. Untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kepuasan konsumen atas atributhotel terhadap loyalitas konsumen digunakan alat uji statistik Model Regresi Linier Berganda(Linier Multiple Regression). Dari hasil analisa dengan bantuan paket program SPSS diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y -2,701 + 0,231X1 + 0,206X2 + 0,0782X3 + 0,187X. + 0,271X5 Persamaan regresi diatas menunjukkkan adanya pengaruh kepuasan atas atnbut hotel yang terdiri dari: Lokasi, Fasilitas, Kualitas kamar, Harga, dan Pelayanan terhadap loyalitas konsumen hotel Novotel Surabaya. Dan dari hasil nalisis tersebut juga diperoleh koefisien korelasi berganda(multiple R)sebesar 0,781 dan koefisien determinasi keseluruhan(R2) sebesar 0,610 setelah melalui pengujian dengan menggunakan uji F diperoleh hasil bahwa ada pengaruh antara kepuasan atas atribut hotel dengan loyalitas konsumen hotel Novotel Surabaya secara signifikan. Dan dari basi] uji t yang dj]aksanakan nampak bahwa variabe]~variabe] kepuasan konsumen yang merupakan variabel bebas secara parsial juga mampu menjelaskan loyalitas konsumen hotel Novotel Surabaya secara signifikan. Dari hasil itu pula diketahui bahwa kepuasan atas pelayanan memiliki pengaruh yang dominan terhadap loyalitas konsumen hotel Novotel Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 06/04 Wis a file fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN ATAS ATRIBUT HOTEL TERRADAP LOYALITAS KONSUMEN HOTEL NOVOTEL SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DYAH WISUDANINGRUM, 040023560 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDWI UTAMI S, Dra. Ec. Hj.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Feb 2017 20:15
Last Modified: 16 Feb 2017 20:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52918
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item