ANALISIS PERBANDINGAN WAKTU DAN BIAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERT DAN CPM PADA PROYEK KONSTRUKSI PAVING DI JALAN ROMO KALISARI

EVY HARIYANTI, 041211231040 (2016) ANALISIS PERBANDINGAN WAKTU DAN BIAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERT DAN CPM PADA PROYEK KONSTRUKSI PAVING DI JALAN ROMO KALISARI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF

Download (268kB) | Preview
[img] Other (FULLTEXT)
52938.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi dan pengetahuan di negara berkembang, perusahaan diharuskan untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya yang ditandai dengan adanya peningkatan kegiatan pembangunan. Pembangunan merupakan hal yang umum dilakukan dan merupakan salah satu rangkaian aktivitas dalam suatu proyek. Penelitian ini melakukan analisa terhadap keterlambatan suatu proyek yaitu konstruksi paving di Jalan Romo Kalisari pada CV. Esya Perdana yang sebelumnya telah menggunakan metode Kurva S untuk mendapatkan waktu optimal. Dalam penelitian ini menggunakan dua metode untuk mengoptimalkan proyek yaitu dengan metode PERT (Project Evaluation and Review Technique) dan CPM (Critical Path Method). Penelitian ini membandingkan total biaya dan waktu penyelesaian yang paling optimal dari pengaplikasian metode tersebut. Dalam metode yang digunakan perusahaan yaitu Kurva S menunjukkan waktu penyelesaian proyek selama 75 hari dengan biaya sebesar Rp. 219.264.034,- sedangkan dengan metode PERT didapat probabilitas penyelesaian proyek selama 75 hari atau lebih cepat 15 hari yaitu selama 60 hari. Sedangkan dengan metode CPM yang paling optimal adalah dengan alternatif kerja shift dengan waktu selama 52 hari dengan biaya sebesar Rp. 197.916.484,-. Penelitian ini memberikan saran kepada CV. Esya Perdana untuk menggunakan metode CPM (Critical Path Method) untuk mengatasi adanya keterlambatan pada proyek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 299-16 Har a
Uncontrolled Keywords: Proyek, Kurva S, PERT (Project Evaluation and Review Technique), CPM (Critical Path Method)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
EVY HARIYANTI, 041211231040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYetty Dwi Lestari, SE., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Feb 2017 21:33
Last Modified: 19 Jun 2017 18:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52938
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item