PENGARUH KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA SEKSI KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT UMUM WIJAYA SURABAYA

WENY SUGIARSIH, 049912598 E (2003) PENGARUH KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA SEKSI KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT UMUM WIJAYA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 10-04 Sug p.pdf

Download (480kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Sejalan dengan usaha pemerintah untuk mendorong tingkat kesehatan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Bangsa Indonesia, maka perkembangan dunia usaha nasional di bidang kesehatan yang melibatkan baik pihak pemerintah maupun swasta telah mengalami perkembangan pesat. Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia usaha di bidang kesehatan yang pada mulanya merupakan usaha yang berorientasi non laba, akhir-akhir ini menunjukkan kecenderungan bahwa laba juga merupakan salah satu tujuan didirikannya sebuah sarana kesehatan, dalam hal ini adalah rumah sakit. Perubahan orientasi ini menyebabkan terjadi persaingan antar rumah sakit dalam meningkatkan jumlah pemakai jasa rumah saki1. Persaingan 1m memaksa pihak manajemen untuk memperhatikan kemampuan kerja karyawannya. Tantangan terbesar bagi perusahaan adalah dalam menjalankan dan mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, yaitu dengan cara melakukan peningkatan kemampuan terhadap para karyawan, mengingat bahwa sumber daya manusia adalah suatu aset terpenting dalam perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel-variabel dalam kemampuan kerja yaitu : pendidikan (XI), sikap (X2) dan pengalaman kerja (X3) secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan (Y) dan untuk mengetahui manakah dari ketiga variabel kemampuan tadi yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja karyawan seksi keperawatan Rumah Sakit Umum Wijaya Surabaya. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu dengan menitik beratkan pada pengujian hipotesis, data yang terukur dan menghasilkan kebenaran hipotesis, sedangkan teknik anal isis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji F dan uji 1. uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat secara bersama-sama, sedangkan uji t digunakan untuk mengetahui manakah diantara variabel bebas yang diteliti yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel terikatnya. Data hasil penelitian mengenai pengaruh variabel-variabel kemampuan kerja yang terdiri dari pendidikan, sikap, dan pengalaman kerja terhadap variabel kinerja, semuanya secar~ bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dengan hasil F hitung (26,291) > F tabel (2,882). Semua variabel kemampuan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dibuktikan dengan Variabel XI mempunyai t hitung (3,277) > t tabel (2,032), Variabel Xl mempunyai t hitung (2,936) > t tabel (2,032), dan Variabel X3 mempunyai t hitung (3,451) > t tabel (2,032). Dengan nilai Beta Xl (0,408) > Xl (0,376) > X3 (0,338) maka variabel pendidikan (XI) merupakan variabel dari kemampuan kerja yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 10/04 Sug p file fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: PENGARUH KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA SEKSI KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT UMUM WIJAYA SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
WENY SUGIARSIH, 049912598 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAMIRUDDIN UMAR, DR. H.., S.E.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Feb 2017 21:41
Last Modified: 16 Feb 2017 21:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52943
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item