ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA KERJA LANGSUNGPADA PABRIK KARET PERKEBUNAN NUSANTARA XII (PEASERO) KEBUN GLANTANGAN JEMBER

ZAINIYAH KURNIATI (2000) ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA KERJA LANGSUNGPADA PABRIK KARET PERKEBUNAN NUSANTARA XII (PEASERO) KEBUN GLANTANGAN JEMBER. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
52948.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Menghadapi persaingan yang ketat baik di sektor usaha industri maupun jasa, maka setiap perusahaan hams berusaha untuk mempertahankan kelangsungan usahanya dan mengembangkan kegiatan usahanya semaksimal mungkin. Perusahaan haryus mampu menyesuaikan diri terhadap setiap perubahan yang terjadi baik di dalam maupun di luar perusahaan. sehingga perusahaan mampu mengupayakan penggunaan sumber daya seeara efektif dan efisien. Salah satu sumber daya perusahaan yang sangat penting adalah sumber daya manusia atau tenaga kerja. Masalah tenaga kerja akan dihadapi oleh setiap bagian dalam perusahaan, sehingga pereneanaan tenaga kerja yang tepat sangat diperlukan oleh setiap perusahaan. Pereneanaan tenaga kerja pada dasamya adalah cara berpikir dan bertindak secara sistematis dalam bidang ketenagakerjaan yang meliputi kegiatan menentukan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. jenis dan syarat pekerjaan~ menarik dari sumber tenaga kelja yang ada • menempatkan dan memberhentikan tenaga kerja dalam perusahaan guna mencapai semua tujuan perusahaan. Tenaga kerja dalam perusahaan industri dibedakan menjadi tenaga kerja langsung dan tenaga kerja tidak langsung. Tenaga kerja langsung adalah tenaga kerja yang terlibat langsung dalam proses produksi. yang dipengaruhi oleh volume produksi. Pereneanaan tenaga kerja langsung ini sangat diperlukan demi mendukung kelancaran proses produksi dalam perusahaan. . Pabrik karet merupakan perusahaan industri yang mengolah getah karet sebagai bahan mentah menjadi karet sheet. Dalam proses produksi karet sheet ini banyak menggunakan tenaga kelja ]angsung, dimana jumlah tenaga kerja langsung ini dipengaruhi analisis tenaga kerja dengan faktor-faktor beban kelja. tingkat absensi dan tingkat perputaran tenaga kerja. Berdasarkan ketiga faktor tersebut dapat dilakukan analisis penentuan kebutuhan tenaga kerja langsung di bagian produksi pabrik karet tersebut. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh hasil taksiran fungsi penentuan kebutuhan tenaga kerja langsung sebagai berikut: Y = 8,14),,759 + 0,000899326 Xl + 6,241522 X2 + 5,252428 X3 Berdasarkan fungsi tersebut diketahui bahwa ketiga faktor pereneanaan tenaga kerja tersebut mempunyai pengaruh yang positif terhadap penentuan kebutuhan tenaga kerja langsung. Berdasarkan hasil uji seeara simultan diketahui bahwa seeara simultan ketiga faktor tersebut mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap penentuan kebutuhan tenaga kerja langsung. Dan dengan uji individual diketahui bahwa beban kerja mempunyai pengaruh yang dominan terhadap penentuan kebutuhan tenaga kerja langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 21 / 00 Kur a FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA KERJA LANGSUNGPADA PABRIK KARET PERKEBUNAN NUSANTARA XII (PEASERO) KEBUN GLANTANGAN JEMBER
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ZAINIYAH KURNIATINIM049620896-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTIEN SOEMARTINI, Dra. Ec. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Feb 2017 21:54
Last Modified: 19 Jun 2017 19:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52948
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item