ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI PATOGEN Escherichia coli DAN Salmonella sp. PADA KOTORAN KELELAWAR DI GUA PONGANGAN GRESIK DAN GUDANG GULA BOJONEGORO JAWA TIMUR

AMINOLLAH, 081211431117 (2016) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI PATOGEN Escherichia coli DAN Salmonella sp. PADA KOTORAN KELELAWAR DI GUA PONGANGAN GRESIK DAN GUDANG GULA BOJONEGORO JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB 71-16 Ami i-Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (fulltext)
53010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk isolasi dan mengindentifikasi bakteri patogen Escherechia coli dan Salmonella sp. pada sampel kotoran kelelawar. Sebanyak 6 sampel kotoran kelelawar yang diambil dari Gua Pongangan dan Gudang Talun di Bojonegoro, Jawa Timur. Sampel kotoran kelelawar tersebut menghasilkan 12 isolat yang ditumbuhkan pada medium selektif EMB (eosin methylen blue) dan SSA (Salmonella-Shigella agar) dengan metode pour plate. Sampel diidentifikasi secara konvensional melalui pengamatan karakter morfologi koloni yang tumbuh di media selektif, dan diidentifikasi lebih lanjut secara mikroskopis dengan pewarnaan Gram serta dilanjutkan dengan uji biokimia menggunakan uji IMViC. uji IMViC terdiri dari uji indol, methyl red (MR), voge’s-Proskauer (VP), sulfid indol motility (SIM), simmons citrate (SC) dan uji fermentasi gula, H2S dan glukosa dengan uji TSIA. Hasil isolasi dari 12 isolat bakteri patogen dari sampel kotoran kelelawar pada medium selektif EMB menunjukan hasil positif Echerichia coli dengan karakter koloni bakteri yang bulat berwarna khas hijau metalik, batang Gram negatif dan mampu memfermentasikan laktosa. Sedangkan, isolat bakteri patogen lain yang ditemukan adalah Salmonella sp. dengan karakter koloni pada medium SSA, bulat inti hitam ataupun tidak, cerah transparan. tidak menghasilkan senyawa indol, tetapi menghasilkan glukosa, sitrat dan senyawa racun H2S. Maka dapat disimpulkan bahwa pada sampel kotoran kelelawar yang diambil dari Gua Pongangan dan Gudang Talun Bojonegoro, Jawa Timur, terdapat bakteri patogen Escherichia coli dan Salmonella sp. yang dapat menimbulkan penyakit infeksi pada manusia atau pun hewan dengan karakter masing-masing isolat kedua bakteri yang ditemukan hampir sama dan tidak ada perbedaan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 71-16 Ami i
Uncontrolled Keywords: Pathogens, bats guano, Escherichia coli, Salmonella sp.
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR1-502 Microbiology
Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
AMINOLLAH, 081211431117UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Irawan, Prof., Dr., M.Sc.UNSPECIFIED
Thesis advisorAgus Supriyanto, Drs., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 19 Feb 2017 17:09
Last Modified: 21 Jun 2017 17:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53010
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item