STUDI KEMISKINAN DINAMIS RUMAH TANGGA DI INDONESIA

PREH HARDANING A., N.I.M : 041211131018 (2016) STUDI KEMISKINAN DINAMIS RUMAH TANGGA DI INDONESIA. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 C 173_16 Ast s ABSTRAK.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
53090.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemiskinan bukan hanya fenomena statis, tetapi ada kemungkinan pada suatu titik di masa depan rumah tangga yang tidak miskin menjadi miskin karena adanya suatu guncangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui determinan kemiskinan dinamis di Indonesia, baik transient poverty maupun chronic poverty. Pada analisis determinan transient poverty maupun chronic poverty, metode regresi yang digunakan adalah metode multinomial logit. Pengukuran status kemiskinan dinamis menggunakan pendekatan spell. Data yang digunakan berasal dari Indonesian family live survey (IFLS) gelombang empat dan lima. Sementara itu, perangkat lunak yang digunakan dalam analisis ini adalah Stata 13. Hasil estimasi regresi menunjukkan bahwa transient poverty secara signifikan dipengaruhi oleh usia, jumlah anggota rumah tangga, sektor dan status pekerjaan kepala rumah tangga, akses terhadap listrik, kepemilikan tabungan, luas rumah, pendidikan kepala rumah tangga, status pernikahan, pulau yang ditinggali dan kejadian gempa bumi. Di sisi lain, chronic poverty secara signifikan dipengaruhi oleh usia, jumlah anggota rumah tangga, sektor dan status pekerjaan kepala rumah tangga, akses terhadap listrik, kepemilikan tabungan, luas rumah, pendidikan kepala rumah tangga dan pulau yang ditinggali. Variabel status pernikahan kepala rumah tangga dan kejadian gempa tidak signifikan berpengaruh terhadap chronic poverty.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 173/ 16 Ast s
Uncontrolled Keywords: Dynamics Poverty, Transient poverty, Chronic poverty, Spell Approach
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV4023-4470.7 Poor in cities. Slums
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
PREH HARDANING A., N.I.M : 041211131018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantDyah Wulansari, Dra. Ec. M.Ec.Dev.Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 20 Feb 2017 17:48
Last Modified: 21 Jun 2017 17:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53090
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item