HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

DONY DANANG JOYO SETIAWAN, 111111578 (2016) HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Psi.145-16 Set h Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
53105.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Prestasi Akademik. Self-Regulated Learning yang dimaksud adalah upaya yang dilakukan individu untuk mengatur diri dalam belajar, dengan mengikutsertakan kemampuan metakognisi, motivasi, dan perilaku aktif dalam usaha mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat sebelas indikator di dalam Self-Regulated Learning yaitu self evaluation, organizing dan transforming, goal setting dan planning, seeking information, keeping records dan monitoring, environmental structuring, self consequences, rehearsing dan memorizing, seeking social assistance, reviewing records,dan mengemukakan ide. Prestasi akademik mahasiswa adalah hasil yang diperoleh oleh mahasiswa dalam proses belajarnya di perguruan tinggi selama jangka waktu tertentu. Hasil dari proses belajar dinyatakan dalam bentuk nilai atau angka Penelitian dilakukan pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga angkatan 2015. dengan jumlah sebanyak 139 mahasiswa. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner Self-Regulated Learning sebanyak 50 butir item dan data dokumentasi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Uji reliabilitas pada alat ukur Self Regulated Learning dengan bantuan program statistic SPSS versi 20 for Windows diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,917. Analisis data menggunakan teknik kolerasi product moment dari Pearson, dengan bantuan program statistic SPSS versi 20 for Windows. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa koefisien kolerasi (r) antara Self-Regulated Learning dengan Prestasi Akademik sebesar 0,544 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), Hal ini berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara Self-Regulated Learning dengan Prestasi Akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Airlangga. Artinya jika self-regulated learning mahasiswa tinggi maka prestasi akademiknya juga tinggi, begitu juga sebaliknya. Kata kunci : Self-Regulated Learning, Prestasi Akademik, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.145-16 Set h
Uncontrolled Keywords: Self-Regulated Learning, Prestasi Akademik, Mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
DONY DANANG JOYO SETIAWAN, 111111578UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNono Hery Yoenanto, S.Psi., M.Pd., psikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Feb 2017 19:01
Last Modified: 21 Jun 2017 17:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53105
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item