BIODEGRADASI POLIETILEN MENGGUNAKAN VARIASI KONSENTRASI KONSORSIUM BAKTERI (Staphylococcus dan Bacillus) DAN WAKTU INKUBAS

RADITYO DHARMAWAN, 081211433042 (2016) BIODEGRADASI POLIETILEN MENGGUNAKAN VARIASI KONSENTRASI KONSORSIUM BAKTERI (Staphylococcus dan Bacillus) DAN WAKTU INKUBAS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB 83-16 Dha b ABSTRAK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
53127 ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi konsorsium bakteri Staphylococcus dan Bacillus serta waktu inkubasi terhadap degradasi plastik PE dan mendapatkan kombinasi variasi konsentrasi dan waktu inkubasi pendegradasi terbaik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Parameter yang digunakan untuk mengetahui kemampuan biodegradasi PE adalah jumlah bakteri (CFU/mL), perubahan nilai pH, dan persentase degradasi (%). Variasi konsentrasi bakteri yang digunakan adalah (1%, 2%, dan 3%), sedangkan waktu inkubasi yang digunakan adalah (1, 3, 5 dan 7 hari). Seluruh data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diuji statistik menggunakan Kruskal-wallis, Brown Forshyte, ANOVA dan Duncan. Penelitian ini mendapatkan hasil variasi konsentrasi berpengaruh signifikan terhadap jumlah sel bakteri, dan tidak berpengaruh terhadap nilai pH dan persen degradasi. Pada uji statistik waktu inkubasi tidak berpengaruh terhadap jumlah sel bakteri, pH, dan persen degradasi. Pada uji statistik kombinasi variasi konsentrasi bakteri dan waktu inkubasi berpengaruh terhadap jumlah sel bakteri dan persen degradasi, dan tidak berpengaruh terhadap pH. Penelitian ini mendapatkan kombinasi terbaik yaitu pada konsentrasi 1% pada waktu inkubasi 7 hari dengan rata rata persen degradasi 17%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 83/16 Dha b
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
RADITYO DHARMAWAN, 081211433042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi'matuzahroh, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 20 Feb 2017 20:00
Last Modified: 21 Jun 2017 18:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53127
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item