MAKNA HIDUP ANGGOTA KOMUNITAS HARDCORE YANG MEMUTUSKAN MENJADI STRAIGHTEDGE

ANINDYA FATHY ANDARLITA, 111211131035 (2016) MAKNA HIDUP ANGGOTA KOMUNITAS HARDCORE YANG MEMUTUSKAN MENJADI STRAIGHTEDGE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Psi.152-16 And m Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
Psi.152-16 And m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai makna hidup anggota komunitas hardcore yang memutuskan menjadi straightedge. Straightedge merupakan tidak berkelakukan buruk dan tidak mengkonsumsi halhal yang dapat merusak tubuh (Haenfler, 2002). Sedangkan hardcore dapat diartikan sebagai salah satu jenis aliran musik keras yang cukup banyak mendapat pengaruh budaya negatif dari musik punk (Blush, 2011). Makna hidup dapat ditemukan melalui nilai-nilai dalam sumber makna hidup. Nilai-nilai tersebut adalah: 1) nilai kreatif; 2) nilai penghayatan; 3) nilai bersikap. Apabila makna hidup diperoleh, maka kehidupan akan menjadi lebih berarti dan berharga sehingga tidak mengalami ketidakbermaknaan. Peneliti ini menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif instrumental untuk menjelaskan gambaran mengenai makna hidup yang di peroleh anggota komunitas hardcore sehingga memutuskan untuk menjadi straightedge. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang laki-laki yang memiliki rentang usia antara 24-40 tahun, merupakan straightedge yang aktif berpartisipasi dalam komunitas hardcore. Pemilihan subjek dilakukan berdasarkan penilaian mengenai siapa saja yang pantas atau memenuhi kriteria serta menggunakan teknik snowball sampling. Snowball sampling digunakan untuk mempermudah pencarian subjek yang dilakukan dengan cara mencari informasi dari orang lain secara berantai. Penggalian data dilakukan melalui teknik wawancara yang menggabungkan antara pedoman umum dengan pedoman terstandar dan terbuka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa makna hidup dapat diperoleh melalui refleksi pengalaman individu selama berada pada komunitas hardcore sehingga memutuskan memilih untuk menjadi seorang straightedge dengan melihat keberadaan individu dalam nilai-nilai pada sumber makna hidup. Straightedge memberikan dampak positif baik dalam pemikiran maupun perilaku, sehingga melalui hidup yang positif maka kualitas hidup akan dapat meningkat dan hidup akan menjadi lebih bermakna. Kata Kunci : Makna Hidup, Hardcore, Straightedge

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.152-16 And m
Uncontrolled Keywords: Makna Hidup, Hardcore, Straightedge
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy > BD300-450 Ontology (including the soul, life, death)
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
ANINDYA FATHY ANDARLITA, 111211131035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAfif Kurniawan, M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Feb 2017 00:12
Last Modified: 21 Feb 2017 00:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53146
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item