PERBEDAAN EXCESS RETURNDAN RISIKO REKSA DANA SAHAM DAN REKSA DANA PENDAPATAN TETAP DI INDONESIA DAlAM PBRIODE BEARISH(2001) DAN BULLISH(2002-2003)

ANDIE HARTONO, 040013253 B (2004) PERBEDAAN EXCESS RETURNDAN RISIKO REKSA DANA SAHAM DAN REKSA DANA PENDAPATAN TETAP DI INDONESIA DAlAM PBRIODE BEARISH(2001) DAN BULLISH(2002-2003). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
53157.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak dikeluarkannya UU Pasar Modal No.8 Tahun 1995, maka Reksa Dana sudah dikenal oleh masyarakat. Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana dipengaruhi oleh beberapa faktor, yang utama adalah faktor perekonomian an tara lain kondisi pasar yang sedang terjadi. Pada penelitian ini kondisi pasar yang diteliti pada saat pasar sedang lesu (hearish), dan pada saat pasar sedang semarak (bullish). Penelitian dilakukan pada dua Reksa Dana yang sifatnya bertolak belakang, yaitu Reksa Dana Pendapatan Tetap, dan Reksa Dana Saham. Sampel yang diteliti berjumlah 14 Reksa Dana Saham dan 14 Reksa Dana Pendapatan Tetap. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling, yaitu yang memenuhi kriteria tertentu agar dapat diperbandingkan, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan excess return rata-rata bulanan antara Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Pendapatan Tetap serta perbe.daan risiko antara Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Pendapatan Tetap selama periode bearish (2001) dan bullish (2002-2003). Model analisis yang digunakan adalah model Sharpe dan uji hipotesis menggunakan 2 sample tlest. Tiga hipotesis diajukan: (I) excess return rata-rata bulanan Reksa Dana Saham lebih rendah daripada excess return rata-rata bulanan Reksa Dana Pendapatan Tetap selama masa bearish, (2) excess return rata-rata bulanan Reksa Dana Saham lebih tinggi daripada excess return rata-rata bulanan Reksa Dana Pendapatan Tetap selama masa bullish, (3) risiko Reksa Dana Saham lebih tinggi daripada risiko Reksa Dana Pendapatan Tetap selama masa bearish dan bullish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa excess return rata-rata bulanan Reksa Dana Saham negatif 1,3% atau lebih rendah 0,6% per bulan daripada excess return rata-rata bulanan Reksa Dana Pendapatan Tetap negatif 0,7% selama peri ode bearish. Hasil uji 2 sample t-test menunjukkan bahwa perbedaan tersebut sangat signifikan pada tingkat kesalahan p=O,044. Sebaliknya pada masa bullish, hasil penelitian menunjukkan bahwa excess return rata-rata bulanan Reksa Dana Saham 1,4% atau lebih tinggi 1,9% per bulan daripada excess return rata-rata bulanan Reksa Dana Pendapatan Tetap negatifO,5%. Hasil uji 2 sample t-test menunjukkan bahwa perbedaan tersebut sangat signifikan pada tingkat kesalahan yO,OOO. Mengenai risiko, hasil peneiitian menunjukkan bahwa mean staadar deviasi Reksa Dana Saham 6,9% atau lebih tinggi sebesar 4,3% daripada risiko Reksa Dana Pendapatan Tetap 2,6% selama periode bearish dan bullIsh. HasH pengujian menunjukkan bahwa perbedaan risiko antara Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Pendapatan Tetap sangat signifikan pada tingkat kesalahan p=O,OOO. Dengan demikian 3 hipotesis yang diajukan sudah terbukti atau dengan kata lain Ho gagal diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 31/05 Har p FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PERBEDAAN EXCESS RETURNDAN RISIKO REKSA DANA SAHAM DAN REKSA DANA PENDAPATAN TETAP DI INDONESIA DAlAM PBRIODE BEARISH(2001) DAN BULLISH(2002-2003)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ANDIE HARTONO, 040013253 BUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAMIRUDDIN UMAR, Prof.Dr.H., S.E.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 21 Feb 2017 00:47
Last Modified: 21 Jun 2017 19:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53157
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item