HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP IKLIM SEKOLAH DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU ANTISOSIAL PADA ANAK-ANAK

ZUMROTUS SHOLIKHAH, 111211131162 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP IKLIM SEKOLAH DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU ANTISOSIAL PADA ANAK-ANAK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Psi.156-16 Sho h Abstrak.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
Psi.156-16 Sho h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan kecenderungan perilaku antisosial pada anak-anak. Persepsi terhadap iklim sekolah yang dimaksud adalah pandangan atau penilaian siswa terhadap kondisi atau budaya di sekolah (meliputi: dimensi hubungan, perkembangan pribadi, dan perubahan serta perbaikan sistem) yang dapat mempengaruhi perilaku siswa dan menjadi keunikan tersendiri bagi suatu sekolah. Kecenderungan perilaku antisosial yang dimaksud adalah potensi seseorang melakukan segala perilaku yang melanggar norma sosial, baik yang bersifat terbuka, atau sembunyi-sembunyi, maupun ketidaktaatan anak terhadap figure otoritas, yaitu orangtua atau guru (Loeber, dalam Farrington & Ttofi, 2015). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 94 anak dengan rentang usia 9-12 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Alat pengumpul datanya berupa kuisioner. Skala persepsi terhadap iklim sekolah terdiri dari 14 item yang mengacu pada teori Moos dan skala perilaku antisosial terdiri dari 29 item yang mengacu pada teori Loeber. Validitas item persepsi terhadap iklim sekolah dan kecenderungan perilaku antisosial diperoleh dari professional judgment. Reliabilitas skala persepsi terhadap iklim sekolah sebesar 0,876, sedangkan skala kecenderungan perilaku antisosial sebesar 0,916. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan SPSS for windows 16.0. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar - 0,370 dengan signifikansi 0,000 (ρ < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat hubungan antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan kecenderungan perilaku antisosial pada anak-anak. Arah hubungan kedua variabel adalah negatif. Semakin positif persepsi terhadap iklim sekolah, maka semakin rendah kecenderungan perilaku antisosial anak, semakin negatif persepsi terhadap iklim sekolah, maka semakin tinggi kecenderungan perilaku antisosial anak. Kekuatan hubungannya adalah sedang. Kata kunci: persepsi terhadap iklim sekolah, kecenderungan perilaku antisosial, anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.156-16 Sho h
Uncontrolled Keywords: persepsi terhadap iklim sekolah, kecenderungan perilaku antisosial, anak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
ZUMROTUS SHOLIKHAH, 111211131162UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrimatia Yogi, S.Psi., M.Si., Psikolog,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Feb 2017 01:34
Last Modified: 21 Feb 2017 01:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53179
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item