GAMBARAN HISTOPATOLOGI INSANG IKAN MAS (Cyprinus carpio Linn)) YANG DIINFEKSI Aeromonas hydrophila SETELAH DIBERI PROBIOTIK

YOLANDA, 060112930 (2005) GAMBARAN HISTOPATOLOGI INSANG IKAN MAS (Cyprinus carpio Linn)) YANG DIINFEKSI Aeromonas hydrophila SETELAH DIBERI PROBIOTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
53215.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerusakan gambaran histopatologi insang ikan Mas (Cyprinus carpio Linn) yang diinfeksi Aeromonas hydrophila setelah diberi probiotik. Penelitian ini menggunakan 24 ekor ikan Mas dengan ukuran 8 sampai 10 em dan berat rata-rata 10 gram. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak: Lengkap (RAL) yang terbagi menjadi empat perlakuan dengan enam ulangan. Kelompok PO sebagai kontrol merupakan kelompok tanpa probiotik, kelompok PI diberikan probiotik 5 mIl kg pakan. kelompok P2 diberikan probiotik 15 mIl kg pakan, kelompok P3 diberikan probiotik 25 mIl kg pakan. Pemberian probiotik dilakukan satu kali sehari selama tiga minggu, kemudian seluruh kelompok perlakuan diinfeksi Aeromonas hydrophila selama satu minggu. Setelah perlakuan hewan coba dibedah dan bagian insang diambil untuk pembuatan preparat histology kemudian diperiksa kerusakan lamella sekundemya. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Kruskal Wallis yang dilanjutkan dengan uji Z 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik dapat memberi penurunan derajat kerusakan gambaran histopatologi insang ikan Mas yang diinfeksi Aeromonas hydrophila. Perubaban gambaran histopatologis pada insang ikan yang nampak setelah diinfeksi Aeromonas hydrophila adalah hiperplasia. Pemberian probiotik dengan dosis 15 mIl kg (P2) memberikan gambaran histopatologi insang ikan dengan tingkat kerusakan paling ringan tetapi secara statistik kelompok P2 menunjukkan basil tidak berbeda nyata dengan kelompok perlakuan PI dan P3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 196-05 YOL G
Uncontrolled Keywords: Aeromonas hydrophila
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL1-991 Zoology
Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YOLANDA, 060112930UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDArimbi,, M. Kes., drhUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 21 Feb 2017 17:49
Last Modified: 21 Jun 2017 19:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53215
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item