DAMPAK PEMBERIAN ARAK BALI TERHADAP JUMLAH SEL SPERMATOGENIK DAN UKURAN TUBULUS SEMINIFERUS TESTIS TIKUS (Rattus norvegicusL.)

ERLYN NURUL FAUZIAH, 081211433035 (2016) DAMPAK PEMBERIAN ARAK BALI TERHADAP JUMLAH SEL SPERMATOGENIK DAN UKURAN TUBULUS SEMINIFERUS TESTIS TIKUS (Rattus norvegicusL.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB 79-16 Fau d ABSTRAK.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB 79-16 Fau d SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian arak Bali terhadap jumlah sel-sel spermatogenik (spermatogonium, spermatosit, spermatid oval) dan ukuran tubulus seminiferus (diameter dan tebal epitel) testis tikus (Rattus norvegicus L.), serta hubungan antara jumlah sel spermatogenik dengan ukuran tubulus seminiferus setelah pemberian arak Bali. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan hewan coba yaitu tikus (Rattus norvegicus) jantan sebanyak 24 ekor. Sampel dibagi menjadi empat kelompok, yaitu: K (kontrol), dan tiga kelompok perlakuan yang terdiri dari P1 (0,1 ml/hari arak Bali), P2 (0,5 ml/hari arak Bali), serta P3 (0,1 ml/hari alkohol komersial) selama 45 hari. Pada hari ke-46, tikus dikurbankan dan dilakukan pengumpulan organ testis untuk pengamatan struktur sel. Pengamatan struktur sel dilakukan dengan menghitung jumlah spermatogonium, spermatosit, spermatid oval serta diameter dan tebal epitel tubulus seminiferus. Hasil analisis data sel spermatogonium dan spermatosit dengan uji ANOVA satu arah membuktikan bahwa arak Bali dapat menurunkan jumlah sel spermatogonium dan sel spermatosit. Sedangkan untuk sel spermatid oval yang diuji dengan Brown-Forsythe, hasil analisis datanya menunjukkan bahwa arak Bali dapat menurunkan jumlah sel spermatid ovalnya. Data ukuran (diameter dan tebal epitel) tubulus seminiferus dianalisis dengan uji Kruskal-Wallis, dimana hasil analisis membuktikan bahwa arak Bali dapat menurunkan ukuran (diameter dan tebal epitel) tubulus seminiferus. Di sisi lain, untuk mengetahui adanya hubungan antara jumlah sel spermatogenik dan ukuran tubulus seminiferus, dilakukan uji regresi. Hasil dari uji regresi membuktikan bahwa terdapat korelasi yang positif antara jumlah sel spermatogenik dan ukuran (diameter dan tebal epitel) tubulus seminiferus setelah pemberian arak Bali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 79/Fau d
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV5001-5720.5 Alcoholism. Intemperance. Temperance reform
S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
ERLYN NURUL FAUZIAH, 081211433035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAlfiah Hayati, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 21 Feb 2017 23:37
Last Modified: 21 Feb 2017 23:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53287
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item