PERANAN PEMERIKSAAN INTERNAL DALAM MENUNJANG TUJUAN PENGENDALIAN INTERNAL PEMBELIAN BAHAN BAKU PADA PT.PETROKIMIA KAYAKU GRESIK

HARI HARDIANTO, 049812227 E (2004) PERANAN PEMERIKSAAN INTERNAL DALAM MENUNJANG TUJUAN PENGENDALIAN INTERNAL PEMBELIAN BAHAN BAKU PADA PT.PETROKIMIA KAYAKU GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 122.05 Har p.pdf

Download (404kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fungsi pembelian pada suatu perusahaan memegang suatu peranan penting, hal ini didasari pada tiga alasan utama : pertama, karena tidak ada bisnis yang dapat beroperasi tanpa pembelian; kedua sebagai salah satu elemen dasar yang dibutuhkan untuk menyempurnakan produktivitas kerja; dan ketiga sebagai departemen yang bertanggung jawab terhadap pengadaan barang bagi perusahaan baik untuk bahan baku proses produksi maupun komponen peJengkap sesuai kepentingannya. Fungsi pembelian merupakan awal dari proses kegiatan perusahaan sehingga perlu adanya jaminan memadainya efektifitas proses pembelian itu sendiri. Pengendalian intern adalah sarana untuk menjamin memadainya suatu tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan tersebut. Pengendalian intern ini meliputi pengukuran hasil pelaksanaan kegiatan atau prestasi dari para pelaksana kegiatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menghubungkan pemeriksaan internal secara logik dan meyakinkan terhadap tujuan pengendalian internal pembelian bahan baku perusahaan, dengan cara menganalisa sistem pengendalian internal pembelian bahan baku, manganalisa tata cara komunikasi internal serta menganalisa pemeriksaan internal perusahaan. Pengendalian intern terhadap pembelian bahan pada PT. Petrokima Kayaku Gresik memerlukan evaluasi dan pemeriksaan yang berkesinambungan agar fungsi yang satu dengan fungsi yang lain dapat saling mendukung tercapainya keselarasan tujuan perusahaan. Dengan kata lain evaluasi dan pemeriksaan pengendalian intern ini dimaksudkan untuk menemukan kemungkinan adanya kesalahan-kesalahan dari keputusan, kebijakan, beserta akibat-akibat atau hasilnya, sehingga suatu tindakan perbaikan atau koreksi dapat dilakukan, dan pada akhirnya pemeriksaan intern dalam menunjang tujuan pengendalian intern ini merupakan suatu usaha untuk mencegah atau setidak-tidaknya mengurangi terjadinya kesalahan atau penyimpangan yang berakibat merugikan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
HARI HARDIANTO, 049812227 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAGUS WIDODO, Drs.., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Feb 2017 16:36
Last Modified: 22 Feb 2017 16:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53312
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item