ANALISIS PENERAPAN SISTEM MONITORING PELAPORAN PEMBAYARAN PAJAK (MP3) SECARA ON-LINE (KASUS DI KANWIL DJP JAWA RAGlAN TIMURl)

DONNY STEFEN WATfIMURY, 040016820 (2004) ANALISIS PENERAPAN SISTEM MONITORING PELAPORAN PEMBAYARAN PAJAK (MP3) SECARA ON-LINE (KASUS DI KANWIL DJP JAWA RAGlAN TIMURl). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 124.05 Wat a.pdf

Download (432kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut suatu unit usaha atau perusahaan untuk dapat menyesuaikan dengan teknologi, yang berguna untuk meningkatkan kinerja unit usaha tersebut. Sistem on-line merupakan sistem yang berbentuk jaringan on-line dimana antara komputer satu dengan yang lainnya dapat saling berinteraksi. Sistem ini merupakan perpaduan antara teknologi dan sistem itu sendiri. Teknologi menciptakan kecepatan dan keakuratan pengolahan data, sedangkan sistem menciptakan pengaturan-pengaturan kerja yang sistematis dan teratur. Penerapan sistem on-line dapat menunjang tercapainya efisiensi. Efisiensi yang dapat dicapai atas penerapan sistem ini adalah efisiensi waktu, tenaga kerja, biaya. Penerapan sistem on-line dapat rnempercepat waktu pengerjaan tugas-tugas rutin, seperti pengolahan data, transfer data dan infonnasi antar bagian. Dalam rangka efisiensi dan untuk meningkatkan pelayanannya kepada wajib pajak, tertanggal 1 Juli 2003, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah memberlakukan pembayaran pajak dengan sistem on-line yang disebut sistem Monitoring Pelaporan Pembayaran Pajak (sistem MP3) Ie-payment. Keuntungan menggunakan sistem MP3 ini terletak pada kecepatan dan keal..'Ufatan pemrosesan data penerimaan pajak yang dibayarkan oleh wajib pajak melalui kantor penerima pembayaran. Dengan diberlakukannya sistem MP3 diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam mengolah, menyimpan. serta menyajikan data dan infonnasi yang akurat dan up to date. Hal ini ditunjang pula dengan tersedianya sumber daya manusia yang memadai, yang diharapkan mampu mengaplikasikan sistem MP3 sesuai dengan yang diinginkan. Perpaduan antara sumber daya manusia, teknologi, dan sistem merupakan perpaduan yang selaras dalam meningkatkan kinerja dari DJP dalam rangka meningkatkan pelayanannya kepada wajib pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
DONNY STEFEN WATfIMURY, 040016820UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMienati Somya Lasmana, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Feb 2017 17:37
Last Modified: 22 Feb 2017 17:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53322
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item