PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN DESENTRALISASI TERHADAP SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI SURABAYA

IRTA LAUVIANA BALIN, 049711691 E (2004) PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN DESENTRALISASI TERHADAP SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 126.05 Bal p.pdf

Download (402kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kondisi tingkat ketidakpastian lingkungan yang tinggi akan menyebabkan kesulitan dalam kegiatan perencanaan dan kontrol dan akan mempengaruhi tingkat informasi yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Salah satu informasi terse but adalah karakteristik sistem akuntansi manajemen. Hal ini berkaitan dengan tingkat desentralisasi atau tingkat pendelegasian otonomi kepada para manajer yang merupakan faktor signifikan dari sistem pengendalian organisasi dan ketidakpastian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengctahui pengaruh ketidakpastian lingkungan dan desentralisasi terhadap sistem akuntansi manajemen pada perusahaan manufaktur di Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Dengan menggunakan rumus David and Rubin, diketahui banyaknya sampel sebanyak 48 .perusahaan. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Uji statistiknya adalah uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial ketidakpastian lingkllngan dan desentralisasi terhadap sistem akuntansi manajemen pada perusahaan manufaktur di Surabaya Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS Release 10.0 for windows diketahui hasil uji F didapat nilai F hitung (34,6026) > F tabel (3.2050) berarti ketidakpastian lingkungan dan desentralisasi secara simultan berpengaruh terhadap sistem akuntansi manajemen. Uji t dengan hasil perhitungan SPSS Release 10.0 {or windows telah terlihat bahwa masing-masing variabel bebas memiliki penga~uh yang signifikan terhadap variabel tergantungnya. Hal ini dapat dilihat dati hasil Uji t hitung > dari hasil Uji ttabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
IRTA LAUVIANA BALIN, 049711691 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Iswati, Dr., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Feb 2017 18:08
Last Modified: 22 Feb 2017 18:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53339
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item