PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP RATING OBLIGASI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK SURABYA

PRITA SETIAWATI B, 049116103 (2004) PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP RATING OBLIGASI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK SURABYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
53375.pdf

Download (70kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Kondisi laporan keuangan perusahaan merupakan salah satu faktor penting yang dinilai oleh badan pemerintah dalam memberikan rating kepada suatu obligasi. Hal ini disebabkan laporan keuangan merupakan identifikasi dari berbagai transaksi atau peristiwa yang merupakan kegiatan ekonomi perusahaan. Rating obligasi merupakan salah satu pertimbangan yang penting bagi investor dalam berinvestasi dalam bentuk obligasi. Rating obligasi menunjukkan skala risiko dari semua obligasi yang diperdagangkan, skala ini menunjukkan seberapa aman obligasi tersebut bagi investor. Keamanan ini ditunjukkan oleh kemampuan peminjam dana dalam membayar bunga dan pelunasan pokok pinjaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis infonnasi dalam laporan keuangan perusahaan, yaitu sovability (debt to equity ratio), perputaran piutang, current ratio,profit margin dan arus kas yang berpengaruh terhadap rating obligasi sedangkan rasio sovability (time interest earned) tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap rating obligasi . Model regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesis tersebut. Dengan menggunakan sampel dari perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Surabaya dan metode purposive sampling dalam pengambilan sampel, maka diperoleh sebanyak 42 perusahaan. Hasil anal isis menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial sovability (debt to equity ratio), perputaran piutang, current ratio,profit margin dan arus kas, berpengaruh signifikan terhadap rating obligasi kecuali sovability (time interest earned). Dari keenam variabel bebas tersebut, perputaran piutang, current ratio.profit margin, arus kas dan sovability (time interest earned) berhubungan positif terhadap rating obligasi, sedangkan sovability (debt to equity ratio) berhubungan negatifterhadap rating obligasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 38/05 Set p FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP RATING OBLIGASI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK SURABYA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance > HG8835-8899 Life insurance business. Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
PRITA SETIAWATI B, 049116103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAMIRUDDIN UMAR, Prof. Dr. H. , SE.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Feb 2017 19:38
Last Modified: 03 Jul 2017 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53375
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item