KERUSAKAN MORFOLOGI DAN ANATOMI DAUN ANGGREK BULAN (Phalaenopsis sp.) HIBRID HAPPY VALENTIN DAN TRETES RUBBY OLEH SERANGAN BAKTERI Pseudomonas sp.

FENI YURANOA, 089511305 (1999) KERUSAKAN MORFOLOGI DAN ANATOMI DAUN ANGGREK BULAN (Phalaenopsis sp.) HIBRID HAPPY VALENTIN DAN TRETES RUBBY OLEH SERANGAN BAKTERI Pseudomonas sp. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk mpb 16.00 yur k.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Happy Valentin dan Tretes Rubby merupakan anggrek hibrid dari genus Phalaenopsis dengan bunga yang indah dan berpotensi sebagai sumber devisa, tetapi Indonesia belum dapat dikatakan sebagai negara penghasil bunga potong yang berkualitas tinggi. Salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah dan mutu bunga anggrek adalah dengan mengetahui penyebab gangguan yang terdapat pada tanaman. Para pembudidaya dan penggemar anggrek Phalaenopsis mengalami permasalahan yakni banyak koleksinya yang terserang penyakit busuk bercak coklat. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kerusakan morfologi dan anatomi daun berbagai persilangan anggrek bulan (Phalaenopsis sp.) yang disebabkan oleh serangan bakteri Pseudomonas sp. dan mengetahui pola kerusakan morfologi daun serta perbandingan tingkat kerusakan diantara kedua hibrid. Penelitian ini dilaksanakan di Royal Orchid Nursery, Prigen, Jawa Timur pada bulan Desember 1998Mei 1999 secara deskriptif dengan observasi langsung. Pada setiap hibrid diamati 25 tanaman dimana tanaman yang digunakan mempunyai umur sarna yaitu 1,5 tahun dan mempunyai 4 helai daun. Pengamatan dilakukan setiap hari selama 2 minggu pada pukul 07.00 -09.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak serangan awal bakteri Pseudomonas sp_ menentukan kerusakan morfologi daun. Pola kerusakan morfologi daun yang teramati yaitu pola Y2 lingkaran, pola lingkaran, garis, segitiga, segiempat, zig-zag, dan tidak teratur. Pada perbandingan tingkat kerusakan morfologi daun terlihat bahwa Happy Valentin masuk dalam kategori sedang dan Tretes Rubby mengalami kerusakan dalam kategori berat. Pada penelitian laboratoris menunjukkan sayatan anatomis pada serangan awal bakteri Pseudomonas sp. merusak sel epidermis kemudian ke sel-sel palisade dan pada akhir serangan merusak sampai ke jaringan pembuluh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpb 16.00 yur k
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FENI YURANOA, 089511305UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHery Pumobasuki,, Drs. , M. SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2017 22:10
Last Modified: 22 Feb 2017 22:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53397
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item