OPTIMASI MEDIA FERMENTASI STREPTOMYCES GRISEUS B-150 UNTUK MEMPRODUKSI ANTIBIOTIKA (PEMANFAATAN AMPAS TAHU SEBAGAI KOMPONEN MEDIA PRODUKSI ANTIBIOTIKA)

MEILIN IKE YUANA, 059912179 (2003) OPTIMASI MEDIA FERMENTASI STREPTOMYCES GRISEUS B-150 UNTUK MEMPRODUKSI ANTIBIOTIKA (PEMANFAATAN AMPAS TAHU SEBAGAI KOMPONEN MEDIA PRODUKSI ANTIBIOTIKA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI MEILIN .pdf

Download (276kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari percobaan ini diketahui bahwa Streptomyces griseus B-lS0 dapat memproduksi antibiotika dalam media fermentasi yang mengandung ampas tahu. Terbukti media C, D dan E yang tidak mengandung ~)2S04 sebagai sumber nitrogen dapat menghasilkan zona hambat terhadap bakteri uji Escherichia coli ATCC-2S922 dan untuk bakteri uji Bacillus subtilis ATCC-9466 media tanpa ~)2S04 yang menghasilkan zona hambat adalah media C, D, E dan F. Media paling optimal adalah media A yang mengandung sumber nitrogen berupa ampas tahu O,S % dan ~)2S040,2 %. Dari penelitian ini disarankan dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui apakah media yang mengandung sumber ni!rogen (NH4)2S04 0,2 % dan ampas tahu yang lebih besar dari O,S % dapat menghasilkan zona yang lebih besar daripada zona yang dihasilkan oleh media kontrol ISP-4. Perlu dilakukan optimasi lebih lanjut pad a media E yang mengandung ampas tahu sebagai komponen nutrisi tunggal untuk mendapatkan zona hambat yang setara atau lebih besar daripada media kontrol ISP-4. Optimasi dapat dilakukan dengan memvariasikan kondisi fermentasi se~erti pH dan suhu media fermentasi ataupun dengan memakai metode yang berbeda seperti metode batch. Dilakukan optimasi produksi dengan cara batch karena cara ini lebih kuantitatif Juga perlu dilakukan uji secara kualitatif untuk mengetahui jenis antibiotika yang dihasilkan oleh Streptomyces griseus B-lS0 dalam media fermentasi yang mengandung ampas tahu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FF 23-04 Yua o FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: ANTIBIOTIC-PRODUCING ORGANISM; STREPTOMYCES GRICEUS
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsEmail
MEILIN IKE YUANA, 059912179UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHJ. ISNAENI, Dr. Apt. MSUNSPECIFIED
ContributorA. TOTO POERNOMO, Drs. Apt. MSiUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 22 Feb 2017 21:41
Last Modified: 22 Feb 2017 21:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53408
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item