PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN ATAS KUALITAS JASA TERHADAP MINAT PENGGUNAAN ULANG JASA THE PATRA BALI RESORT & VILLAS

DWI FEBRIANNA CITRASARI, 049715661 (2004) PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN ATAS KUALITAS JASA TERHADAP MINAT PENGGUNAAN ULANG JASA THE PATRA BALI RESORT & VILLAS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
53437.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Untuk mewujudkan kepuasan konsumen tidaklah mudah. Segala usaha yang dilakukan perusahaan untuk memuaskan konsumen ditujukan agar konsumennya setia terhadap produk, merek atau jasanya. Seorang konsumen yang merasa puas dengan jasa yang diterimanya akan memperlihatkan kecenderungan yang besar untuk menggunakan kembali jasa yang ditawarkan dan setia terhadap perusahaan. The Patra Bali Resort & Villas merupakan bagian dari bisnis pariwisata dan perhotelan terns bernpaya untuk dapat bertahan agar tetap survive di tengah persaingan yang cukup ketat, terlebih setelah adanya peristiwa Born Bali yang mengguncang Indonesia dan dunia pada 12 Oktober 2002 lalu. Untuk itu maka dirasa penting mengetahui kepuasan konsumen melalui dimensi kualitas ja"la yaitll bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy) yang berpengaruh terhadap minat penggunaan ulang jasa The Patra Bali Resort & Villas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : "Apakah kepuasan konsumen atas kualitas jasa yang meJiputi dimensi bukti tangsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan ulang jasa The Patra Bali Resort & Villas?" Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : "Kepuasan konsumen atas kualitas jasa yang meliputi dimensi bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) berpengaruh secara signifikan terbadap minat penggunaan ulangjasa The Patra Bali Resort & Villas." Seteleh diuji menggunakan alat uji Regresi Linear Berganda, maka dapat disusun persamaan regresi sebagai berikut : Y = -1,185 + 0,320 XI + 0,214 X2 + 0,216 Xl + 0,242 X4 + 0,369 Xs + e Berdasarkan analisis dan perhitungan statistik, maka dihasilkan : 1. Minat penggunaan ulang secara signifikan dipengaruhi -baik secara bersamasarna maupun secara parsial-oleh dimensi kualitas jasa yang meliputi bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy). 2. Dari basil penelitian ini diketahlli R2 sebesar 0,640, ini berarti ballwa pengaruh minat penggunaan ulang sebesar 64% dijelaskan atau dipengaruhi oleh kepuasan atas dimensi kualitas jasa yang meliputi bukti Jangsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy), sedangkan 36% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diikutsertakan dalarn penelitian ini. 3. Berdasarkan nilai Fhitung 33,420 yang lebih besar dari Flahcl 2,30, dan nilai 4utung masing-masing variabel bebas yang diketahui pula lebih besar dari tlabel =± 1,9853, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 41/05 Cit p FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN ATAS KUALITAS JASA TERHADAP MINAT PENGGUNAAN ULANG JASA THE PATRA BALI RESORT & VILLAS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
DWI FEBRIANNA CITRASARI, 049715661UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEFFENDIE, Prof. Dr. H. , SEUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Feb 2017 23:17
Last Modified: 03 Jul 2017 18:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53437
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item