STUDI PERBANDINGAN PERILAKU HARIAN LUTUNG HITAM (Trachypithecus auratus Geoffroy) DI KEBUN BINATANG SURABAYA DAN TAMAN NASIONAL BALURAN

RENI AMBARWATI, 089511311 (1999) STUDI PERBANDINGAN PERILAKU HARIAN LUTUNG HITAM (Trachypithecus auratus Geoffroy) DI KEBUN BINATANG SURABAYA DAN TAMAN NASIONAL BALURAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
kk mpb 17.00 Amb s.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku harian Lutung Hitam (Tra(.'hypllhecu..,; aura/us Geoffroy) di Kebun Binatang Surabayadan Taman Nasional Baluran. 1: auratus merupakan primata endemik Jawa yang bersifat arboreal dan mempunyai panca indera yang sangat peka. Pengetahuan lcntang pcrilaku dan aktivitas harian dipcrlukan untuk mengambil tindakan untuk melakukan konservasi secara in-situ maupun pengelolaannya secara ex-situ. Keseluruhan penelltian ini dilakukan pada. mlLl!)im penghujan. Pengamatan perilaku T. auratus dilakukan mulai dari pagi hari saat 1: auratus memulai aktivitas sampai sore hari saat 1: auratu..o; kembali tidur, dengan menggunakan teknik scan dengan interval 15 memt. Analisis data dilakukan secara deskriptif. dengan menggunakan histogram persentase aktivitas dan untuk mengetahui perbedaan perilaku T. auratus pada kedua 10kasi terse but digunakan Uji Jumlah Peringkat Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas harian 1: aura/us di Taman Nasionat Baluran terdiri atas 35,1.% istirahat; 29,4% makan~ 14,9% berpindah tempat; 7,4% pemeliharaan diri; 7,3% pengasuhan anak~ 5,8% bermain dan 0,1% kawin sedangkan di Kebun Binatang Surabaya terdiri atas 55,4% istirahat~ 16,8% makan; 9,6% pemeliharaan diri~ 9,4% bermain; 5,0% pengasuhan anak; 3,7% berpindah tempat dan 0,1% kawin. Distribusi frekuensi aktivitas istirahat dan makan di Kebun Binatang Surabaya tidak membentuk suatu pola yang teratur. Poia-poia perilaku yang Iebih dipengaruhi oleh faktor endogenous tidak menunjukkan adanya perbedaan pada 10kasi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpb 17.00 Amb s
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RENI AMBARWATI, 089511311UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorH.A. Soeparmo, Prof Drs. , M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2017 23:38
Last Modified: 22 Feb 2017 23:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53439
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item