ANAUSIS POSISI RADIO METRO FM BERDASARKAN PERSEPSI PENDENGAR TERHADAP ATRIBUT SIARAN

FIRDAUS MOCHAMAD NUR, 049715754 (2002) ANAUSIS POSISI RADIO METRO FM BERDASARKAN PERSEPSI PENDENGAR TERHADAP ATRIBUT SIARAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
53445.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berusaha mengetahui dimanakah posisi Radio Metro FM dibandingkan pesaing-pesaingnya yaitu MTB, Media, JTFM, Suara Giri, Suzana dan Kota FM berdasarkan persepsi pendengar terhadap atribut-atribut siaran yang ditawarkan. Atribut-atribut tersebut meiiputi musik yang diputar, performa penyiar, beritahnformasi, variasi program siarall, penempatan acara siaran, penerimaan suara pemancar dan kegiatan off-air. Penclitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Validitas alat ukur menggunakan metode Pearson Product ,Homen' sedangkan untuk menguji reliabilitasnya menggunakan teknik Alpha ('ronback Penelitian ini berusaha menggambarkan posisi Radio Metro FM diantara pesaing-pesai ngnya dengan menggunakan peta persepsi tiga dimensi. Peta persepsi terse but diperoleh berdasarkan analisis Multidimensional Scaling (MDS). Berdasarkan hasil anal isis MDS, koordinat stimulus radio Metro FM terletak pada titik 0.42'7 (dimensi I), 1.8726 (dimensi 2) dan 0.1291 (dimensi3). Metro FM merupakan r'!diu yang paling unggul pada dimensi 2. Sedangkan pada dimensi I, posisi Metro FM masih dibawah radio Kota, MTB dan JTFM. Pada dimensi 3 posisi Metro FM masih dibawah Media, Suara Giri dan Kola FM. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui atribut-atribut yang diwakili masing-masing dimensi. Pada analisis ini, nilai atribut siaran ditetapkan sebagai variabel dependen dan koordinat stimulus sebagai variabel independen. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa dimensi I mewakili atribut beritafinfonnasi dan atribut penempatan acara siaran. Dimensi 2 mewakili atribut musik, variasi program siaran, penerimaan suara pemancar dan kegiatan off-air. Dimensi 3 mewakili atribut performa penyiar dalam membawakan siaran. Untuk mengetahui pesaing terdekat radio Metro FM yang dipersepsikan pelanggan sebagai radio yang mempunyai banyak kemiripan (similarity) dengan Metro FM, digunakan perhitungan jarak euklidian. Perhitungan Euclidian Distance menunjukkan bahwa pesaing terdekat Metro FM adalah radio MTB dengan jarak euklidian sebesar 1.243395 kemudian dikuti radio Kota, Suara Giri, Media, JTFM dan Suzana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 42/03 Nur a FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: ANAUSIS POSISI RADIO METRO FM BERDASARKAN PERSEPSI PENDENGAR TERHADAP ATRIBUT SIARAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
FIRDAUS MOCHAMAD NUR, 049715754UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI WAHJUNI ASTUTI, Dr.,S.F.,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Feb 2017 23:32
Last Modified: 03 Jul 2017 18:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53445
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item