UJI TOKSISITAS lIMBAH CAIR PT. SIER DAN RUMAH TANGGA DENGAN MENGGUNAKAN BIO-INDIKATOR TANAMAN PADI (Oryza sativa) DAN KAYU AM BAN G (Lemna minor)

IWAN BUDHIARTA, 089511394 (1999) UJI TOKSISITAS lIMBAH CAIR PT. SIER DAN RUMAH TANGGA DENGAN MENGGUNAKAN BIO-INDIKATOR TANAMAN PADI (Oryza sativa) DAN KAYU AM BAN G (Lemna minor). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
53464.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap kegiatan manusia, baik kegiatan industri maupun rumah tangga, selalu menghasilkan sampah atau limbah, dalam bentuk organik dan anorganik. Sebagian daripada limbah tersebut ada yang tidak dapat diolah sehingga pada akhirnya mencemari lingkungan sekitarnya. Untuk memantau pencemaran, khususnya pencemaran oleh limbah cair pada daerah perairan, umumnya digunakan kombinasi parameter fisika dan kimia. Parameter biologi masih jarang digunakan, padahal pengukuran dengan biomonitoring dapat memberikan gambaran secara nyata tentang keadaan lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini Tanaman Padi (Oryza sativa) dan Kayu Ambang (Lemna minor) digunakan sebagai indikator biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi limbah cair PT. SIER dan Rumah Tangga terhadap perpanjangan akar tanaman padi dan jumlah daun tanaman kayu ambang. Metode eksperimental yang digunakan adalah 5 perlakuan konsentrasi (01., 251., 501., 751., 1001.) limbah cair PT. SIER dan Rumah Tangga. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Analisis data menggunakan UJ1 ANAVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji BNT (Beda Nyata Terkecil). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi limbah cair PT. SIER dan Rumah Tangga, semakin besar pula dalam menghambat pertumbuhan akar tanaman padi dan mempercepat kerontokan daun tanaman kayu ambang. Karena limbah cair dapat mempengaruhi tanaman padi dan kayu am bang dengan hasil yang berbeda nyata, maka dapat disimpulkan bahwa uji toksisitas terhadap limbah cair PT. SIER dan Rumah Tangga dengan memakai bio-monitoring tanaman padi dan kayu am bang telah terbukti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpb 19.00 Bua u
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IWAN BUDHIARTA, 089511394UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorH.A. Soeparmo, Prof. Drs , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2017 17:43
Last Modified: 03 Jul 2017 18:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53464
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item