SUKSESI MESOFAUNA TANAH PADA SERASAH DAUN JATI (Tectona grandis L.F.) DAN SERASAH DAUN KAYU PUTIH (Melaleuca leucadendron L. )

ANAS FATKUROHMAN, 089511395 (1999) SUKSESI MESOFAUNA TANAH PADA SERASAH DAUN JATI (Tectona grandis L.F.) DAN SERASAH DAUN KAYU PUTIH (Melaleuca leucadendron L. ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
kk mpb 20.00 Fat s.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Be rbagai macam organisme umah yang hidup bersama membentuk suatu komunitas. Organisme tanah yang terdiri atas flora dan fauna berperan besar dalam proscsdekomposisi serasah. Keberadaan fauna tanah dalam suatu habitat san!,'8t tergantung pada kondisi lingkungan. Penelitian ini bcrtujuan untuk mengetahui dominansi, kelimpahan dan suksesi mesofauna tanah selama interval waktu pengamatan. Penelitian ini mcrupakan penelitian eksplorasi dengan menggunakan umpan serasah dalam kantung strimin yang selanjutnya ditimbun dalam tanah. Dari data yang diperolch dihitung indeks dominansi dan rata-rata kelimpahan fauna tanah yang selanjutnya diolah dengan uji-t, sedangkan untuk suksesi dijelaskan secara deskriptif. Hasil penclitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dominansi mesofauna antara serasah daun jati dan serasah daun kayu putih selama interval waktu pengamatan. Ordo Col1embola dan Acarina mempunyai indeks dominansi yang tinggi dengan indeks dominansi masing-masing antara 10% sampai 94,72% dan 12,28% sampai 64,28%. Kelimpahan Collembola antara serasah daun jati dan serasah daun kayu putih pada minggu ke-3, 6 dan 9 ada perbedaan yang signifikan sedangkan pada minggu ke-12 tidak 'ada perbedaan yang signifikan. Kelimpahan Acarina pada minggu ke-3 dan 12 ada perbedaan yang signifikan sedangkan pada minggu ke-6 dan 9 tidak ada perbedaan yang signifikan. Suksesi pada serasah daun jati mesofaunanya tidak tercapai klimaks, sedangkan pada serasah daun kayu putih tercapai klimaks pada pengambilan miriggu ke-9 baik populasi maupunjenisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpb 20.00 Fat s
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANAS FATKUROHMAN, 089511395UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorT. Widyaleksono C.P, Drs. , M. SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2017 18:04
Last Modified: 23 Feb 2017 18:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53468
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item