Pengaruh Tipe Imitasi Tema dan Negara Asal Terhadap Sikap Konsumen atas Pemimpin Merek

Dian Wahyu Ristanti, 041012078 (2014) Pengaruh Tipe Imitasi Tema dan Negara Asal Terhadap Sikap Konsumen atas Pemimpin Merek. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ristantidi-32665-5.abstr-t.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B. 137-14 Zak p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Imitasi adalah salah satu cara yang biasa digunakan dalam pertumbuhan bisnis dan laba. Ada dua tipe imitasi yaitu imitasi fitur dan imitasi tema. Diantara dua tipe imitasi tersebut, imitasi tema merupakan jenis imitasi yang lebih sedikit diperhatikan oleh konsumen. Tetapi, pada dasarnya praktik imitasi merupakan sesuatu hal yang dianggap merugikan pemimpin merek dalam kaitannya dengan sikap konsumen atas pemimpin merek. Efek merugikan yang diterima oleh pemimpin merek akan berbeda-beda, bergantung pada jenis imitasi tema yang dipraktikkan serta negara asal merek imitasi. Penelitian ini menguji bagaimana pengaruh kedua faktor tersebut, yaitu jenis imitasi tema (logo/nama merek) dan negara asal dari merek imitasi (buatan negara maju/negara berkembang) terhadap perubahan sikap konsumen atas pemimpin merek. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest-post-test experimental design memakai desain between-subject. Data diperoleh dari 120 orang partisipan yang merupakan mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Selanjutnya, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan pengaplikasian imitasi tema ternyata juga mempunyai dampak negatif pada pemimpin merek, yakni menurunnya sikap konsumen atas pemimpin merek. Lebih lanjut, praktik imitasi tema logo akan menyebabkan penurunan sikap konsumen atas pemimpin merek yang lebih besar dibandingkan dengan praktik imitasi tema nama merek. Sedangkan, praktik imitasi tema pada merek imitasi buatan negara berkembang menyebabkan penurunan sikap konsumen atas pemimpin merek yang lebih besar dibandingkan dengan pengaplikasian imitasi tema pada merek imitasi buatan negara maju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.146/14 Ris p
Uncontrolled Keywords: IMITATION; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Dian Wahyu Ristanti, 041012078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 18 Jul 2014 12:00
Last Modified: 25 Feb 2019 06:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5353
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item