ANALISIS PERAMALAN KEBUTUHAN UDANG SEBAGAI DASAR METODE PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN PEMBANTU

IGOR F. FIRDAUZI, 049410154M (1996) ANALISIS PERAMALAN KEBUTUHAN UDANG SEBAGAI DASAR METODE PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN PEMBANTU. Masters thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk MM 54.99 Fir a.pdf

Download (113kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Misaja Mitra adalah perusahaan patungan yang memproduksi udang beku untuk diekspor dalam jumlah bessr, sahingga mempunyai masalah dalam persediaan bahan pembantu. Dalam hal ini, Perencanaan Kebutuhan Material (Material Requirement PlanninglMRP) merupakan metode perencanaan dan pengendalian komponen yang diusulkan untuk mengatasi masslah tersebut. Untuk mendapatkan keiuaran dari MRP yang akurat diperlukan masukan untuk MRP yang akurat pula, satta perlu dukungan perangkat lunak dan perangkat keras dari komputer untuk memudahkan penghitungan. Laporan MRP pada penelman ini adalah: jadwal dan jumlah pemesanan setiap komponen, rencana kebutuhan biaya, dan rencana pembebanan kapasitas pabrik untuk periode perencanaan bulan Januari 1996 ssmpai dengan bulan Desember 1996. Untuk mendapatkan masukan MRP yang akurat, maka langkah pettama adalah melakukan analisis peramalan pembelian udang segar berdasarkan data permintaan mass lalu dengan metode rata-rata bergerak yang memakai (aktor musim, ternyata untuk kondisi yang ada akurasi peramalan terbaik didapat pada rata-rata bergerak dua bulanan kemudian meregresikan data pembelian terhadap produksi untuk mengetahui persamaan rendemen. Selanjutnya adalah menyusun jadwaf induk produksi berdasarkan hasil peramalan, satta memasukkan catatan status persediaan pada awal periode perencanaan dan catatan struktur produk dari udang beku. Sebagai catatan, pada penelitian ini terdapat dua jenis sistem sistem yang ada dan sistem yang diusulkan, ternyata sistem yang diusulkan (MRP) dapat menghemat biaya total untuk perencanaan bahan pembantu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT, BUSINESS, SHRIMP,
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH400-400.8 Seafood gathering
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IGOR F. FIRDAUZI, 049410154MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorANTARIKSO ABDULRAHMAN, Dr., Ir., MBA., CPIMUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 26 Feb 2017 18:35
Last Modified: 26 Feb 2017 18:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53565
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item